gravatar

Gayus Mengaku Berbohong di Sidang Asnun

JAKARTA - Adnan Buyung Nasution mendesak kliennya, Gayus Halomoan Tambunan agar berbicara jujur dalam persidangan. Pasalnya, sidang hari ini mengagendakan pemeriksaan terdakwa yang mungkin saja bisa meringankan Gayus.

"Keterangan yang mana yang benar? Apakah waktu memberikan kesaksian di sidang hakim Asnun atau sekarang? “ tegas Buyung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Jalan Ampera Raya, Rabu (8/12/2010).

Hal tersebut dilontarkanya lantaran Gayus menyatakan bahwa saat bersaksi di sidang Asnun, dirinya tidak sepenuhnya jujur terkait dengan akan diberikannya uang untuk Asnun yang mengaku ingin pergi umroh.

"Waktu di sidang Asnun, saya memang tidak sepenuhnya jujur, tapi benar saya tidak memberikan uang permintaan Asnun sebesar USD40 ribu untuk umroh," tandas Gayus.

Mendengar perihal tersebut, hakim yang diketuai oleh Albertina Ho pun langsung menegur Gayus, karena Gayus sudah memberikan pernyataan palsu.

"Anda ini sudah di sumpah, masa tidak jujur juga. Anda sama saja memberikan sumpah palsu. Kalau disini kan anda tidak disumpah, ya semuanya biar majelis saja yang menilai," cetus Albertina.

Sebelumnya, Hakim Asnun beberapa kali meminta Gayus untuk menolong dirinya dan keluarganya. Pertama, Asnun meminta bantuan Gayus agar anaknya dapat diterima menjadi PNS Dirjen Pajak, lalu Asnun meminta sejumlah uang kepada Gayus untuk membelilkan mobil Honda Jazz untuk anaknya.

Menurut Gayus, Asnun pun menyesal atas perbuatannya meminta uang kepada terdakwa yang sedang menjalani proses persidangan.

"Sebelum pergi umroh, Pak Asnun meminta maaf kepada saya, dirinya menyesal atas perbuatannya yang telah 'memeras' saya,” tutur Gayus.