gravatar

Penumpang KA Diprediksi Capai 17.012 Orang

Semarang, Doplang News. PT KA DAOP IV Semarang mulai hari ini membuka layanan masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2010. Selama 16 hari, terhitung mulai Selasa (21/12) hingga Rabu (5/1), perusahaan kereta api itu siap melayani pelanggan pada masa liburan panjang tersebut.
PT KA DAOP IV Semarang memprediksikan jumlah penumpang di wilayahnya pada masa angkutan itu mencapai sekitar 17.012 orang.  Hal itu diungkapkan Vice President (VP) PT KA DAOP IV Semarang, Septa Trijono Ramadin saat menemui rombongan Komisi V DPR RI di Stasiun Tawang, Senin (20/12) sore.
"Selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2010, akan diberlakukan tarif batas atas. Prediksi penumpang 17.012 ini sedikit lebih banyak dibandingkan dengan saat sama (angkutan Natal dan Tahun Baru-red) tahun 2009 lalu," katanya.
Menurut dia, wilayah DAOP IV Semarang terdiri atas 12 kota/ kabupaten seperti Semarang, Kendal, Pekalongan, Pemalang dan Tegal. Untuk jumlah tempat pemberhentian kereta api yang telah siap melayani angkutan Natal dan Tahun Baru 2010 ada 48 stasiun.
Mengenai kereta api, yang telah disiapkan mencapai 170 armada. Kereta api itu meliputi kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi. Adapun, jumlah lintasan di wilayahnya yaitu 632.
Dari jumlah lintasan, pihaknya menjelaskan, yang termasuk kategori double track atau rel ganda hanya ada di 29 kilometer saja seperti beberapa contohnya di Pekalongan hingga Tegal. Sementara, lintasan yang belum masuk kategori rel ganda di DAOP IV Semarang ada di sepanjang kurang lebih 400 kilometer.
Tahun 2011, direncanakan proyek rel ganda akan dikerjakan di lintasan sepanjang 25 kilometer. Jika semua lintasan dibuat rel ganda, hal ini bakal membutuhkan proses maupun waktu yang panjang. Paling tidak proyek nantinya bisa terselesaikan di tahun 2025.
Menyikapi masa angkutan Natal dan Tahun Baru, menurutnya, yang menjadi kendala selama ini yaitu banjir maupun rob, terutama di Stasiun Tawang. Kondisi banjir maupun rob di stasiun itu tak terjadi baru-baru saja, melainkan sudah sejak 1932.