gravatar

Suporter Tewas, Fans Spartak Moscow Unjuk Rasa

MOSCOW - Lebih dari 600 fans Spartak Moscow menggelar unjuk rasa di ibukota Rusia, Selasa (7/12/2010) sore waktu setempat. Mereka menyuarakan kemarahan menyusul kematian salah satu suporter Krasno-belye.

Diketahui, seorang suporter Spartak tewas tertembak setelah terlibat bentrok dengan para imigran dari wilayah Kaukasus Utara. Insiden ini segera membangkitkan amarah fans Spartak lainnya serta memancing isu rasisme.

Seperti dilansir Four Four Two, Kamis (9/12/2010), ratusan fans klub besutan Valery Karpin menggelar unjuk rasa di depan kantor jaksa wilayah di Moscow dan menuntut penyelidikan atas insiden tersebut.

Sambil berdiri di atas mobil dan menembakkan kembang api, para suporter meneriakkan kalimat bernada SARA, "Rusia hanya untuk orang Rusia!". Aksi unjuk rasa itu sempat membuat lalu lintas di Leningradsky Prospekt macet total.

Kasus ini sendiri telah mendapat perhatian pihak yang berwenang. Juru bicara Komite Investigasi Vladimir Markin menegaskan, pihaknya akan segera menyelidiki kematian fans Spartak tersebut.

"Keputusan (mengadakan investigasi) kami ambil setelah melihat respon masyarakat terhadap kejahatan itu," jelas Markin.