gravatar

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Longsor

Kajen, Doplang News. Hujan deras yang terus mengguyur sepekan terakhir menyebabkan longsor di Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan. Puluhan rumah rusak tertimpa senderan jalan dan bukit.
Longsor juga merusak balai desa dan jalan utama di Lebakbarang, hingga warga yang lewat harus hati-hati. Tidak ada korban jiwa atau luka dalam bencana longsor yang terus terjadi sebulan terakhir ini.
Camat Lebakbarang R Djoko Laksono mengatakan, longsor sebenarnya terjadi dengan skala yang tidak terlalu besar. Namun frekuensinya tinggi dan hampir tiap hari, tersebar di berbagai wilayah.
"Hingga saat ini berdasarkan laporan jumlahnya sudah puluhan, dan tersebar di beberapa desa seperti Tembalanggunung, Pamutuh, Wonosido, Timbangsari, Sidomulyo, Lebakbrang, Kapundutan, dan Bantarkulon," jelasnya.
Kerusakan sebagian besar karena senderan yang ambruk dan menimpa rumah. Sebagian besar rumah rusak di bagian dinding dan dapur. "Alhamdulillah tidak ada korban jiwa atau luka, dan sebagian sudah diperbaiki warga," ujarnya.
Balai Desa
Di Desa Pamutuh, longsor juga merusak balai desa. Dinding aula balai desa itu jebol karena tertimpa  longsoran. "Sampai saat ini aula ditutup dan tidak bisa digunakan untuk kegiatan," tambah Camat.
Sedangkan jalan yang ambrol akibat longsor ada di sekitar tugu perbatasan . Jalan di sekitar jembatan ambrol hingga sepanjang sekitar enam meter, dan menggerus separuh jalan.
Kendaraan yang lewat dan berpapasan harus bergantian lewat karena separuh jalan longsor. Untuk menghindari kecelakaan, jalan yang ambles dan longsor itu ditutupi bambu pengaman.