gravatar

Jamaah Haji Bali Tiba, Tiga Wafat

DENPASAR - Rombongan Jamaaah Haji asal Bali akhirnya tiba dengan selamat di Pulau Dewata hari ini. Hanya saja, dari jumlah 674 orang yang menunaikan ibadah haji, tiga di antaranya wafat di Tanah Suci Makkah.

Sebelumnya, rombongan Haji Bali tiba di Embarkasi Juanda, Surabaya, Jumat
lalu pukul 13.00 WIB dan setelah semua urusan administrasi dan pengecekan beberapa dokumen rampung, langsung bertolak ke Bali.

"Rombongan jamaah haji asal Denpasar, diangkut dengan tujuh buah bus berangkat sekira pukul 17.00 WIB dan tadi pagi tiba dengan selamat di Bali," kata Afifah petugas urusan haji di Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar saat dihubungi, Sabtu (11/12/2010).

Afifah yang turut menjemput rombongan haji Denpasar dengan mennggunakan bus dari Surabaya menambahkan, selama kepulangan kembali ke rumah masing-masing tidak ada kendala. "Perjalanan pulang menggunakan bus lancar tidak ada hambatan, demikian  pula baik kopor atau semua barang bawaan jamaah haji masih utuh tidak ada yang kehilangan," ucapnya.

Hanya saja, berdasar informasi yang diterimanya, ada tiga orang jamaah haji asal Bali yang meninggal di Tanah Suci. "Dua orang berasal dari Kabupaten Jembrana, satu orang dari Kabupaten Singaraja. Jamaah asal Denpasar, Alhamdulillah semua selamat tiba kembali ke rumah," kata Afifah.

Namun dia mengaku tidak mengetahui persis bagaimana kematian maupun identitas ketiga jamaah haji Bali itu, karena bukan masuk kewenangan wilayah kerjanya. "Coba dicek di Kanwil Kementerian Agama di Bali, pasti ada datanya di sana," sergah Afifah.

Berbeda dengan saat keberangakatan rombongan jamaaah haji Denpasar, mereka dilepas secara formal baik oleh intansi pemerintah dan pihak keluarga di halaman kantor Mapolda Bali, Jalan WR Supratman.

Saat kepulangan, mereka langsung menuju beberapa titik kedatangan yang dijemput pihak keluarga dan kerebat dekatnya seperti di Kampung Jawa, Jalan Ahmad Yani, Denpasar. "Tidak ada penyambutan khusus atau dengan prosesi tertentu, mereka cukup disambut keluarga masing-masing," katanya.