gravatar

Filipina Tak Bisa Gelar Semifinal

KUALA LUMPUR – Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) menyatakan dalam siaran persnya, Rabu (8/12/2010), bahwa di Filipina tidak terdapat stadion yang dinilai memenuhi persyaratan untuk menggelar laga semifinal AFF Suzuki Cup 2010.

Berarti, runner-up dari Grup B Filipina yang akan berhadapan dengan timnas Indonesia sebagai juara Grup A AFF Suzuki Cup 2010 menghadapi masalah. Filipina tidak dapat melangsungkan pertandingan pada leg pertama di negaranya.

Seperti diketahui, laga semifinal dipertandingkan dua kali secara kandang dan tandang (home-away). Laga pertama sedianya dimainkan di Filipina, Kamis (16/12/2010) pekan depan. Sedangkan leg kedua dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (19/12/2010).

AFF menyebutkan bahwa Filipina tidak dapat melangsungkan pertandingan semifinal maupun (berikutnya) final sebagai tuan rumah sebab tak ada stadion yang memenuhi standar untuk AFF Suzuki Cup 2010.

AFF menyatakan telah mengambil keputusan dengan pertimbangan seksama dan melakukan pembicaraan dengan pihak-pihak terkait. Satu set panduan yang diatur dalam “Kewajiban Penyenggaraan Turnamen” harus dipenuhi lebih dulu oleh pihak calon tuan rumah sebelum sebuah stadion dinyatakan mencapai standar kelayakan untuk menggelar AFF Suzuki Cup.

Karena, faktanya, tidak ada stadion di Filipina yang memenuhi syarat tersebut, Federasi Sepakbola Filipina setuju bila mereka diizinkan untuk memilih bertanding satu kali di tempat netral atau dua-duanya pertandingan (home-away) dilakukan di negara yang akan jadi lawan di semifinal.

Kepada Filipina, AFF mengucapkan selamat atas keberhasilan mencapai semifinal untuk pertama kalinya