gravatar

Penemuan Makam Purbakala Di Blora

Blora: Setelah sebelumnya di temukan situs arkeolog, kini di Blora kembali di kejutkan dengan penemuan makam zaman Megalitikum atau purba ditemukan di Desa Bleboh, Kecamatan Jiken, Blora, Jawa Tengah. Dari pantauan SCTV, Kamis (23/9), tiga makam tersebut masih utuh. Kubur batu itu sendiri terletak di atas tebing setinggi 250 meter di atas permukaan laut Pegunungan Pontang, Blora, Jateng.

Saat ditemukan, kondisi sembilan makam dipenuhi semak belukar sehingga hampir tidak terlihat seperti makam. Setelah dibersihkan baru terlihat kondisi
makam sebenarnya. Enam dari sembilan makam kondisinya sudah rusak, sementara sisanya masih dalam kondisi bagus. Semua makam menghadap ke arah Timur-Barat.
Kubur batu berpanjang dua meter dengan lebar 50 sentimeter itu terbuat dari batu pipih setebal sekitar 10 sentimeter. Sedangkan jarak makam satu dengan yang lainnya berjarak dua meter. Belum diketahui secara pasti umur ke-9 makam tersebut. Terkait hal ini, pihak Dinas Kebudayaan setempat akan melayangkan surat ke Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jateng (BP3J) untuk penelitian lebih lanjut.
Diperkirakan jumlah kubur batu megalitik ini nantinya akan bertambah mengingat di sekitar lokasi temuan masih ada batu sejenis yang masih tertanam dan
tertutup beberapa pohon jati.

gravatar

Tolak Balak, Warga Tengger Gelar Istigosah

PASURUAN - Warga Suku Tengger, Tosari, Kabupaten Pasuruan, menggelar doa bersama dan istigosah di masjid setempat. Kaum muslim Tengger ini memohon pertolongan kepada Allah agar dijauhkan dari bencana Gunung Bromo.

Istigosah warga muslim Tengger ini dipimpin Ketua Rois Syuriah dan Ketua Tanfidiyah PC Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Pasuruan, KH Abdurrahman Syakur dan KH Sonhaji Abdus Somad.

"Istigosah ini untuk meminta pertolongan kepada Allah agar bencana Gunung Bromo ini tidak seperti bencana Gunung Merapi. Kami berharap agar bencana ini segera berlalu dan tidak merugikan masyarakat luas, khususnya masyarakat Tengger," kata KH Sonhaji Abdus Somad, Jumat (24/12/2010).

Menurut Trisno Sudigdo, Ketua PAC NU Tosari, berbagai upaya telah dilakukan masyarakat Tengger untuk dihindarkan dari bencana Gunung Bromo. Seperti warga Hindu Tengger, juga telah melakukan hal yang sama pada saat merayakan hari raya Kuningan, beberapa hari lalu.

"Memohon pertolongan agar dihindarkan dari bencana ini juga telah dilakukan secara adat Tengger, seperti labuh sesaji di kawah Gunung Bromo. Semuanya dilakukan agar masyarakat, khususnya Suku Tengger dijauhkan dari bencana Gunung Bromo," kata Trisno.



Semburan abu vulkanik Gunung Bromo kian berdampak pada kehidupan masyarakat. Sejumlah kawasan yang sebelumnya tidak tersentuh guyuran abu, kini mulai tertimbun abu vulkanik.

Di kawasan Puncak Penanjakan, Tosari, Kabupaten Pasuruan, abu vulkanik tebal mulai menimbun tempat wisata yang biasa digunakan untuk melihat matahari terbit (sunrise). Kawasan hutan lindung disekitarnya juga bernasib sama. Akibat timbunan abu vulkanik tersebut, dahan-dahan pohon cemara patah dan berserakan hingga menutupi ruas jalan.

Abu vulkanik ini juga menyebabkan padamnya aliran listrik di Puncak Penanjakan, Tosari dan Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Padamnya listrik di Penanjakan ini, cukup berdampak luas. Karena di kawasan view point tersebut, terdapat puluhan tower BTS telepon seluler dan repeater radio komunikasi.

gravatar

Dua Ribu Personel Polri Amankan 320 Gereja di Surabaya

SURABAYA - Dipastikan sebanyak 2 ribu personel dari Kepolisian Resor Besar (Polrestabes) Surabaya, Jawa Timur, diterjukan untuk pengamanan hari Natal. Jumlah tersebut akan disebar di seluruh kawasan Surabaya. Namun pengamanan ini tanpa melibatkan penembak jitu atau Sniper. "Pengamanan ini meliputi 320 Gereja di seluruh Surabaya," kata Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Wiwik Setyaningsi kepada wartawan, Jumat (24/12/2010).

Wiwik menjelaskan, anggota Polrestabes yang terlibat pengamanan tidak diharuskan bertugas dalam kelompok pada area yang dilokalisir.



"Pengamanan itu, sifatnya situasional dan tidak harus berada pada satu lokasi saja. Jika memang sangat mendesak, kami bisa tempatkan personel yang fokus pada satu area saja. Jadi, semua tergantung situasi dan kondisi,” tambah Mantan Kabag Bina Mitra Polres Surabaya Utara ini.

Wiwik juga mengungkapkan, ribuan pasukan ini memang khusus untuk PAM Natal dengan sandi operasi Lilin Semeru 2010. Termasuk pada perayaan Tahun Baru 2011, Polrestabes akan menambah 500 personel. Penambahan pasukan tersebut untuk lebih memberikan kenyamanan dan keamanan warga saat merayakan tahun baru.


Menurut Wiwik, personel tersebut tetap dibekali dengan pendekatan humanis dan persuasif dalam melaksanakan tugas pengamanan. Dengan begitu, kenyamanan warga yang sedang menikmati dan merayakan hari besar serta pergantian tahun tetap terjaga.

Lebih lanjut dijelaskan, jumlah personel yang dilibatkan tersebut akan diturunkan dalam aksi pengamanan pada 23 Desember 2010. Gelar pasukan tersebut akan diteruskan dengan 10 hari jadwal yang sudah ditetapkan pada 24 Desember 2010 – 2 Januari 2011.

Untuk Sniper, kata Wiwik, tidak diperlukan. Sebab, jika menyiagakan penembak jitu, seolah-olah perayaan Natal ini seram. "Sniper tidak perlu lah, kayak apa aja,"
cetus Wiwik.

gravatar

Bupati Nilai UMK Rp1,33 Juta di Gresik Tak Layak

Doplang News,

GRESIK - Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto menilai upah minimum kabupaten/kota (UMK) sebesar Rp1.113.000 per bulan belum layak. Sambari berkukuh tidak akan memenuhi tuntutan Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) Apindo Gresik.

“Tidak ada persoalan dengan UMK, semuanya sudah beres. Justru kalau dinilai dari kelayakan hidup, besaran UMK itu belum layak,” kata Sambari kepada wartawan, Jumat (24/12/2010).

Bupati Sambari, mengatakan bila besaran UMK 2011 Rp1.133.000 maka tiap satu harinya buruh hanya mendapat Rp37 ribu. Jumlah uang tersebut, kata Sambari tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga.


“Bisa apa uang Rp37 ribu untuk keluarga yang beranak dua. Sekarang makan tiga kali, terus belum kebutuhan lain-lainnya,” tegasnya.

Atas dasar itulah, Bupati Sambari menegaskan, tidak ada persoalan UMK 2011 dengan para pengusaha. Karena dirinya sudah bertemu dengan para pengusaha dan tidak ada persoalan dengan UMK sebesar Rp1.133 ribu.

“Pengusahanya tidak ada apa-apa, yang bermasalah saat ini adalah promotornya pengusaha yang. Jadi tidak ada masalah meski digugat,” sambungnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Syaifullah Yusuf menegaskan persoalan besaran UMK diserahkan kepada Bupati Gresik. “Kalau bisa jangan sampai diselesaikan dengan jalur hukum. Kalau bisa dimusyawarahkan yang baik,” tukasnya.

Hanya Gus Ipul, sapaan Syaifullah mengakui, bila saat ini sudah ada pengusaha Gresik yang mengajukan permohonan untuk penangguhan UMK 2011. Namun, dia tidak bisa merinci berapa perusahaan yang sudah mengajukan.

“Memang ada perusahaan yang mengajukan penangguhan. Tapi kami lupa jumlahnya. Sekarang masih diproses,” katanya.

Seperti diketahui, dari 115 perusahaan anggota DPK Apindo Gresik, sebanyak 40 perusahaan yang mengajukan permohonan penangguhan UMK 2011. Kendati secara finansial mampu membayar UMK 2011 Rp1.133.000 perbulan, namun ke-40 perusahaan tersebut menyatakan itu sebagai bentuk protes. 

“Sebenarnya penangguhan UMK ke Gubernur Jawa Timur itu bukan karena tidak mampu, tetapi mereka protes pembahasan UMK yang diintervensi bupati,” terang Tri Andhi Suprihartono, Ketua DPK Apindo Gresik.

Menurut dia, perusahaan yang memohonkan penangguhan adalah industri makanan dan minuman, logam, elektronik, serta perkayuan. Kebanyakan perusahaan tersebut memiliki tenaga kerja antara 500 hingga seribu orang. 

gravatar

Istri & Anak WN Amerika Hilang di Bandung

Doplang news,  
BANDUNG - Pati Yuningsih (35) dan anaknya Chloe (2), dilaporkan hilang di Kota Bandung, sejak Senin, 20 Desember lalu. Hingga kini nasib Pati yang merupakan istri pria berkewarganegaraan Amerika dan anaknya belum ditemukan.


Keluarga langsung melapor kejadian ini ke Polrestabes Bandung hari ini. Kakak Pati, Sonny Yuningsih ditemui wartawan di Polrestabes Bandung mengungkapkan, adiknya baru datang dari Amerika, 30 November lalu untuk mengurus kepindahan menjadi warga Amerika, mengikuti kewarganegaraan suaminya.

“Senin kemarin dia mau ke Kartika Sari di Jalan Kebon Jukut, tapi sampai sekarang belum pulang-pulang,” ungkap Sonny.

Yuningsih mengungkapkan, saat itu adiknya pergi dengan pakaian santai tanpa membawa pakaian atau perlengkapan lainnya. “Dia hanya bawa ponsel dan dompet saja, tapi pas dihubungi ke ponselnya sudah tidak aktif,” ujarnya.

Ditambahkan Sonny, anaknya yang baru berusia 2 tahun itu rewel dan susah makan selama di Indonesia. “Dia hanya mau minum susu saja dan ke Kartika Sari itu untuk membeli makanan buat anaknya,” tuturnya.


Sonny panik setelah adik beserta keponakannya tidak kunjung pulang. “Awalnya saya kira main ke rumah temannya, tapi sampai keesokan harinya tidak pulang-pulang dan ponselnya mati. Langsung saja kita cari ke beberapa tempat termasuk datang ke paranormal,” ujarnya.

Adiknya itu baru pulang ke Indonesia setelah hampir 10 tahun berada di Amerika. Dia berharap adiknya bisa pulang dan berkumpul bersama keluarga.

“Ciri-cirinya kulit putih, tinggi badan 160 sentimeter. Sedangkan anaknya sekira 80 sentimeter dan tidak bisa bahasa Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasubag Humas Polrestabes Bandung Kompol Endang Sri Wahyu Utami mengatakan, setelah mendapatkan laporan, pihaknya langsung mengumumkan ke seluruh anggota dan Polsek. “Siapa tahu mereka melihatnya dan kami umumkan melalui radio ke Polsek-polsek,” ujar Endang.

gravatar

Malam Natal, Pasar Loak di Surabaya Dilalap Api


SURABAYA - Kebakaran hebat terjadi di malam Natal. Kali ini si jago merah mengamuk di pasar loak, Jalan Dupak Rukun, Surabaya, Jawa Timur.

Belum diketahui penyebab kebakaran yang menghanguskan ratusan lapak pedangang ini. Saksi mata di lokasi kejadian menyebutkan, api muncul dari bagian belakang pasar.

Bahkan sesekali terdengar ledakkan. Ledakan diduga berasal dari tabung gas elpiji milik pedagang. Kebakaran ini berlangsung sangat cepat, sebab di pasar tersebut terdapat sejumlah barang-barang yang mudah terbakar.

"Begitu terbakar, api dengan cepat membakar seluruh pasar. Jumlahnya ratusan lapak, Mas," kata salah satu pedagang yang tiga lapaknya ikut terbakar, Jum'at (24/12/2010).

Beberapa mobil pemadam kebakaran dari PMK Kota Surabaya dikerahkan untuk menjinakkan api. Petugas PMK dengan dibantu tangki air Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemkot Surabaya masih bahu membahu memadamkan api.

Hingga kini diketahui secara pasti, penyebab kebakaran serta kerugian dan apakan ada korban jiwa atau tidak.

Kapolsek Bubutan, Kompol Dolly Aprimanto mengatakan, pihaknya masih memeriksa sejumlah saksi. "Kami masih memeriksa saksi-saksi, nanti kami kabari," kata Dolly singkat.

gravatar

Anggit Miliki Puluhan Video Porno Ariel!

JAKARTA - Meski membantah sebagai penyebar pertama, Anggit mengakui pernah menyimpan video porno Ariel. Bahkan menurut Anggit, video porno Ariel yang saat itu dimilikinya lebih dari sepuluh file.

"Waktu itu semua file videonya ada banyak dan dalam bentuk durasi singkat. Jumlahnya saya kurang ingat berapa. Pokoknya, lebih dari sepuluh. Saya juga enggak tahu siapa yang mengedit potongan-potongan video itu jadi satu," beber Anggit, saat ditemui di Wisma Kodel, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa, (21/12/2010) malam.

Anggit memperoleh video porno itu dari komputer studio Capung yang sedang berada di rumah Redjoy (RJ). Sebagai mahasiswa jurusan desain grafis, Anggit semula berniat mengkopi gambar-gambar karya Redjoy yang memang ahli di bidang multimedia dan desain grafis.

"Saya memang sering main ke rumah RJ di Bandung. Setiap ke situ, saya sering kopi gambar-gambar yang dibuat RJ dan itu memang sudah biasa. Waktu lihat beberapa gambar, saya langsung kopi semua isi di folder itu karena saya pikir isinya hanya gambar semua. Saya enggak tahu kalau ada file video porno di folder itu," paparnya.

Setelah melihat kumpulan video porno Ariel di hardisk eksternalnya, Anggit memutar potongan-potongan video porno itu. Namun, Anggit tidak tahu bagaimana video porno itu bisa tersebar luas ke publik.

"Setelah tahu ternyata video itu ikut terbawa, iya saya sempat nonton. Tapi habis itu saya enggak sentuh-sentuh lagi. Saya enggak tahu bagaimana video itu berpindah tangan karena hardisk itu adalah hardisk pribadi saya dan tidak pernah kasih lihat sama siapapun," ujarnya.

Anggit Gagah Pratama masih berstatus sebagai saksi dalam kasus video porno Ariel. Anggit disebut-sebut sebagai pelaku pertama yang menggunggah video porno Ariel ke dunia maya. Anggit sendiri menyatakan kesiapannya jika kelak ditetapkan sebagai tersangka penyebaran video porno yang menghebohkan itu.(ang)

gravatar

Seorang Wanita Tewas Diserang Anjing

LONDON - Pihak kepolisian mengabarkan seorang wanita di London tewas setelah menjadi korban penyerangan seekor anjing di sebuah rumah di Ibu Kota Inggris itu.

Korban yang diperkirakan berusia 40 tahun menderita sejumlah luka akibat penyerangan yang terjadi di daerah Wallington tersebut.

"Dia dinyatakan tewas seketika di tempat kejadian," ujar Juru Bicara Pihak Kepolisian seperti dilansir BBC pada Jumat (24/12/2010).

Anjing berjenis Mastiff asal Belgia yang menjadi pelaku penyerangan telah ditembak mati oleh polisi yang ada di tempat kejadian. Pihak kepolisian juga menemukan dan memindahkan seekor anak anjing dari tempat kejadian.

Polisi belum menghubungi keluarga korban untuk menyampaikan kabar ini.

Juru Bicara pejabat kota mengatakan, menurut tim paramedis dan beberapa petugas, wanita tersebut sudah dalam keadaan terluka parah saat ditemui menjelang pukul sembilan malam waktu setempat.

Satu orang lainnya juga berada dalam rumah korban ketika penyerangan terjadi. Namun dia tidak mengalami cedera apapun.

gravatar

Perusahaan Dukung Lotus-Renault

NORFOLK – Keberadaan Tim Lotus-Renault GP di Formula One (F1) mulai mendapatkan dukungan. Salah satunya dari Colin Chapman sang pendiri dari perusahaan Lotus.

Sejak Grup Lotus memutuskan untuk membeli saham Renault yang bangkrut untuk balapan musim depan, pertikaian antara Tim Lotus dengan Lotus-Grand Prix tidak terhindarkan lagi.

Kini keluarga besar Chapman penemu dari perusahaan Lotus mulai angkat bicara. Diwakili managing direktur Tim Lotus Clive, mengatakan perusahaan secara penuh mendukung keberadaan Lotus-Renault.

“Keluarga besar Chapman sangat terkesan dengan perkembangan yang dilakukan Grup Lotus. Kami juga sangat terima kasih kepada Proton atas investasi yang dilakukan untuk mengamankan masa depan pabrik ini,” demikian pernyataan keluarga Chapman.

“Keluarga Chapman dan Classic Team Lotus sangat senang mendukung keberadaan Grup Lotus. Dalam konsultasi dengan Proton, ini termasuk mendukung menggunakan nama Lotus yang dipimpin Grup di ajang Formula One,” tandasnya dikutip autosport, Jumat (24/12/2010).

gravatar

Ratusan Warga Yogya Berdoa di Makam Sri Sultan

BANTUL – Dorongan masyarakat Yogyakarta untuk menetapkan Sri Sultan Hamengku Buwono dan Pakualam sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY semakin kuat.

Siang ini, ratusan masyarakat Yogyakarta akan menggelar ziarah dan doa bersama di pemakaman raja-raja Mataram di Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Rencananya, acara akan dimulai sekira pukul 14.00 WIB.

“Ini rangkaian aksi kita mendukung penetapan Sultan dan Pakualam sebagai pemimpin Yogya. Sebelumnya, kita juga sudah melakukan aksi cap jempol darah,” tegas Ketua Paguyuban Dukuh (Pandu) Bantul, Sulistyo Atmodjo, Jumat (24/12/2010).

Dia berharap, ritual doa bersama ini dapat menghasilkan RUU Keistimewaan Yogyakarta tetap memilih Sultan sebagai Gubernur sekaligus raja Yogyakarta. “Kita akan bermunajat secara Islam,” tandasnya.

Pantauan di lokasi, puluhan orang sudah berkumpul di lokasi. Satu persatu peserta doa bersama juga terus berdatangan. Mereka nampak mengenakan pakaian pranakan atau abdi dalem. Bahkan, beberapa wanita juga turut hadir dengan mengenakan kemben.

“Doa bersama ini tidak hanya diikuti anggota Pandu, tetapi juga masyarakat sekitar,” tukasnya.

gravatar

Mengais Berkah dari Gelaran Bola

JAKARTA - Tidak hanya genderang nasionalisme yang ditabuhkan dalam momen pertandingan AFF Cup 2010. Rakyat Indonesia dari berbagai lapisan mengepresikan dukungannya untuk kemenangan Timnas.

Tidak hanya itu, ajang AFF Cup 2010 juga membawa rezeki nomplok. Antrean panjang tiket pertandingan AFF Cup 2010 memberikan keberkahan tersendiri bagi para pedagang di sekitar Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Hal ini dibenarkan oleh Wawan, seorang pemulung asal Parung Panjang. Menurutnya, sejak ramai pertandingan sepakbola ini pendapatannya meningkat hingga tiga kali lipat.

"Biasanya cuma dapet 2 kilo per hari, tapi kalau lagi ramai kayak gini bisa dapat 6 kilo. 6 kilo dapat Rp25 ribu," ungkap Wawan kepada okezone di Jakarta, Jumat (24/12/2010).  Tidak hanya Wawan, keberkahan juga diperoleh Yeyen, pedagang makanan asal Palmerah, Jakarta Barat. "Kalau ada antre tiket atau pertandingan bola bisa sampai Rp500 ribu, biasanya cuma Rp100 ribu," kata Yeyen.

Yeyen menambahkan biasanya dia hanya berjualan pada saat weekend, libur nasional atau saat ada acara khusus di GBK. Namun sekarang, lanjut dia, hampir setiap hari berjualan di Senayan. "Lumayan, buat anak sekolah," ungkapnya

Ada suka duka saat berjualan di tengah kondisi ramainya orang mengantre tiket seperti dituturkan Yeyen. Perasaan takut selalu ada dalam pikirannya, namun dia tetap yakin kondisi akan aman.

Selain perasaan takut, dia mengaku kerap dirugikan oleh beberapa orang yang makan di tempatnya tetapi tidak bayar. "Suka ada orang yang makan, tapi nggak bayar, ya anggap aja sodaqoh, buang sial," tuturnya.

Menurutnya, sudah menjadi risiko berjualan ketika kondisi sedang ramai. Berjualan di Stadion GBK sudah dilakoni Yeyen bertahun-tahun, dia mengaku dikenakan uang kebersihan oleh petugas keamanan, namun besarannya tergantung keikhlasan pedagang. "Kena uang kebersihan, paling Rp3.000 sampai Rp5.000, seikhlasnya kata aja," tutupnya.

gravatar

Mercedes-Benz C-Class Terbaru Hadir Tahun Depan

DETROIT- Mercedes-Benz nampaknya sudah mempersiapkan C-Class facelift terbaru untuk tampil di Detroit Auto Show 2011 yang akan berlangsung bulan depan.

Sedan menengah tersebut mengalami perombakan pada bagian eksterior serta interior, serta mesin. Mercedes mengklaim bahwa C-Class terbaru ini memiliki 2.000 komponen baru yang akan digunaknnya.

Pada bagian depan, terdapat hood aluminium dengan desain baru serta lampu depan yang didesain ulang dengan menggunakan kaca bening. Selain itu juga ada bumper yang telah dimodifikasi dengan lampu LED daytime running.

Sedangkan pada interior, pabrikan asal Jerman tersebut menggunakan lapisan logam untuk mempermanis beberapa panel, lalu instrument cluster baru dengan layar beresolusi tinggi, tak lupa roda kemudi yang dipinjam dari CLS.

Seperti produk Mercedes lainnya, C-Class terbaru ini akan hadir dengan 3 pilihan tipe, yakni C250 yang didukung oleh mesin twin turbocharged, direct injection empat silinder yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 201 hp dan torsi sebesar 229 Nm.


Selain itu ada C300 dengan mesin V6, berpenggerak
all-wheel drive yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 228 hp dan torsi sebesar 221 lb-ft.

Yang terakhir adalah C350, yang menggunakan mensin V6 dengan injeksi bahan bakar sehingga dapat menghasilkan tenaga hingga 302 hp dan trosi 273lb-ft.


Untuk keamanan, sedan ini akan memiliki fitur adaptive high-beam assist, park assist dengan parktronic, lane-keeping assist dan blind spot assist sebagai perlengkapan standar.


Menurut rencana, C-Class facelift ini akan segera dijual di wilayah Eropa pada Januari tahun depan.

gravatar

Temukan Karisma, Keluarga Datangi Paranormal

DEPOK – Pihak keluarga Karisma Saviri (20), mahasiswi Biologi FMIPA Universitas Indonesia (UI) yang diduga hilang selama sepekan, tak putus asa mencari tahu keberadaannya.

Berbagai macam upaya terus dilakukan dari mulai melapor ke kampus, mendatangi kos Karisma di Wisma Kaca, Kukusan, Beji, Depok, serta melapor ke Polres Depok. Hari ini, Kakak Karisma, Alin (23) mencari tahu keberadaan Karisma dengan mendatangi sejumlah paranormal. Namun Alin enggan membeberkan berapa paranormal yang didatangi serta di mana saja.

”Saya sudah ke beberapa orang pintar untuk bertanya di mana adik saya, dan kata mereka adik saya dalam keadaan baik–baik saja tetapi memang sulit dilacak keberadaannya,” katanya kepada wartawan, Jumat (24/12/2010).

Terkait masalah penyakit saraf yang diderita Karisma, kata Alin, pihak keluarga tidak mengetahui sebelumnya. Karisma tidak pernah mengeluh dan selalu mengabarkan kalau kondisinya dalam keadaan sehat. ”Soal penyakit, saya baru tahu saat menemukan surat dokter di kosnya. Selama ini tidak pernah mengeluh, paling hanya capek dan lelah,” tuturnya.

Hingga kini, ponsel Karisma masih dalam keadaan tidak aktif. Karisma dikabarkan hilang sejak tanggal 16 Desember lalu dan tidak menghubungi pihak keluarga.

gravatar

Pintar di Kampus, Sehat di Hari Tua

PRIA kutu buku mungkin bukan pria idaman banyak wanita, dibandingkan pria dengan perut six pack. Padahal, pria kutu buku kemungkinan berumur lebih panjang daripada pria dengan perut six pack.

Studi telah lama menunjukkan bahwa pendidikan terkait dengan kesehatan yang lebih baik, tetapi penelitian baru Pamela Herd, profesor urusan publik dan sosiologi Universitas Wisconsin-Madison menunjukkan bahwa prestasi akademik mengagumkan di kampus memainkan peranan penting dalam kesehatan seseorang di masa depannya.

Menurut studi, orang-orang yang mendapat nilai lebih baik di kampus memiliki masalah kesehatan lebih sedikit saat usia mereka bertambah tua. Penelitian mengamati 10.000 lulusan Universitas Wisconsin dan melacak kondisi pekerjaan, keluarga, dan kesehatan mereka di usia 53 tahun. Ternyata, peneliti menemukan korelasi antara peringkat yang lebih tinggi dengan kesehatan yang lebih baik setelah tamat kuliah.

"Seberapa baik Anda belajar adalah poinnya. Kita sudah tahu pentingnya sekolah untuk banyak hal, seperti pekerjaan dan penghasilan Anda, tapi ternyata juga baik untuk kesehatan Anda," kata Herd tentang penemuan yang diterbitkan di Jurnal Health and Social Behavior edisi Desember ini.

“Namun bagi mereka yang masih duduk di bangku kuliah, ada alasan untuk percaya bahwa hubungan antara prestasi akademis dan kesehatan juga dirasakan orang-orang muda,” kata Herd.

Para peneliti masih mempelajari lebih lanjut tentang alasan mengapa prestasi akademik dihubungkan dengan hasil kesehatan yang lebih baik. Herd mengatakan bisa jadi kesadaran sebagai faktor penentunya, bahwa mereka yang lebih teliti saat belajar, lebih memerhatikan kesehatannya. Sayang, tidak cukup data untuk mendukung pernyataan tersebut.

"Apa yang kita lihat adalah apa yang Anda pelajari di sekolah, yang sebenarnya penting untuk kesehatan Anda," kata Herd.

gravatar

Istanbul, Kota Peninggalan Sejarah Romawi & Ottoman

ISTANBUL merupakan sebuah kota tempat bertemunya timur dan barat, kota yang merupakan bagian dari dua benua yaitu Asia dan Eropa.

Kota ‘dua benua’ ini menyimpan kebudayaan yang sangat beragam, yakni budaya barat bercampur dengan budaya tradisional dari timur. Bangunan-bangunan dan benda-benda seninya merupakan percampuran dari kebudayaan asli Turki, Byzantine, dan Romawi.

Kegiatan perekonomian, perindustrian, pariwisata, hiburan dan pendidikan bekembang pesat di kota ini. Berwisata ke Istanbul ibarat melakukan perjalanan ke masa lalu dengan peradaban yang modern. Berbagai bangunan peninggalan masa kerajaan Byzantine, Romawi, dan Ottoman tetap terjaga, berdampingan dengan bangunan-bangunan modern yang terus berkembang pesat.

Salah satu tempat pariwisata yang diminati para turis karena keunikannya adalah Bosphorus. Bosphorus bukanlah sebuah sungai, tetapi selat yang menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Marmara, selat yang memisahkan antara Turki bagian Asia dan bagian Eropa. Untuk menjelajahi Bosphorus kita dapat menggunakan kapal feri.

Perjalanan dapat dimulai dari Eminonu sampai ke laut Hitam. Suatu perjalanan yang sangat mengasyikkan seperti Istana Dolmabahce, Istana Belerbeyi yang berlokasi tidak jauh dari jembatan yang menghubungi Asia dengan Eropa. Selain istana-istana tersebut juga terdapat bangunan hotel, restoran, dan rumah-rumah di sepanjang Bosphorus yang merupakan perpaduan arsitektur Eropa dan arsitektur Asia.

Tempat bersejarah lainnya yang sangat menarik adalah Istana Topkapi, yang merupakan istana terbesar di Istanbul. Sejak 1924, istana Topkapi berubah fungsi menjadi museum. Dahulu Topkapi adalah istana tempat tinggal sultan dan merupakan pusat pemerintahan Turki pada masa lalu.

Istana Topkapi merupakan bangunan khas Turki yang mempunyai taman-taman indah yang menghubungkan antara satu bangunan dengan bangunan lainnya. Taman-taman yang hijau ini dipenuhi pohon-pohon besar yang rindang. Istana yang kini menjadi museum ini menyimpan banyak hasil karya seni dan peninggalan bersejarah yang tidak ternilai harganya.

Tempat bersejarah lainnya yang pantas diinjungi kalau kita ke Istanbul adalah Museum Hagia Sophia. Banyak ahli sejarah mengatakan bahwa Hagia Sophia dapat dinominasikan sebagai keajaiban dunia ke delapan. Hagia Sophia merupakan bangunan gereja yang dibangun oleh Konstatius pada abad ke-4. Hagia Sophia yang berasitektur Romawi terlihat dari eksterior dan interior bangunan yang mempunyai kubah besar dan megah.

Setelah Istanbul dikuasai bangsa Turki di bawah kepemimpinan Sultan Mahmed Sang Penakluk, Hagia Sophia diubah fungsinya menjadi masjid. Ciri gereja pada masjid ini tidak dihilangkan. Ornamen-ornamen yang menunjukkan Hagia Sophia pernah menjadi gereja tetap terjaga, seperti terlihat pada gambar-gambar ornamen di dalam bangunan.

Beberapa ornamen tambahan seperti tulisan kaligrafi, mihrab dan mimbar ikut melengkapi interior bangunan yang telah berubah fungsi menjadi masjid tersebut. Bangunan yang telah berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun dan 477 tahun sebagai masjid ini kini berubah menjadi museum di bawah rezim Ataturk.

Bangunan lain yang pantas dikunjungi turis ialah Istana Dolmabahce. Bangunan ini perpaduan arsitektur Eropa yang menyimpan koleksi-koleksi benda-benda kuno dan benda istana seperti furnitur, karpet sutra dan lukisan dinding.

Istanbul terkenal pula sebagai tempat perdagangan yang ramai dikunjungi wisatawan. Terdapat dua tempat perdagangan yang sangat terkenal yaitu Grand Bazaar dan Spice Bazaar. Grand Bazaar merupakan pasar tertua dan terbesar di Istanbul yang berlokasi di tengah-tengah kota. Pasar Ini terdiri dari ribuan toko yang menjual benda kerajinan tangan bermutu tinggi, perhiasan, barang-barang antik dan aneka jenis barang lainnya yang merupakan produk asli dari Turki.

Spice Bazaar (Bazar rempah-rempah) atau disebut juga Egyptian Bazaar merupakan pasar yang unik dan menarik. Di sini dijual berbagai macam rempah-rempah, kaviar (telur ikan beluga), sosis, keju dan barang kerajinan tangan khas dari Turki. Dalam melakukan transaksi berbelanja di Istanbul tidak hanya dapat dilakukan dengan uang nasional mereka saja yaitu lira, tetapi juga dapat dilakukan dengan dolar Amerika dan euro. Jadi, Anda dapat dengan mudah berbelanja tanpa perlu mencari tempat penukaran mata uang asing.

Berwisata ke Istanbul tidak hanya cukup dengan menjelajahi tempat-tempat bersejarah. Banyak lagi tempat menarik yang lain yang sayang untuk di lewati, Taksim Square misalnya, merupakan tempat pusat kota modern Istanbul. DI Taksim square terdapat banyak hotel berbintang, restoran dan pusat kehidupan malam lainnya. Di samping itu juga terdapat pusat kebudayaan Ataturk. Tempat ini merupakan tempat berkumpulnya komunitas untuk merayakan tahun baru, konser musik, parade dan pertunjukan lainnya.

Tidak lengkap rasanya berwisata di Istanbul tanpa menikmati wisata kuliner. Anda dapat menikmati makanan khas Turki yang sudah sering kita dengar yaitu kebab yang rasa dan variasinya sangat beragam. Tidak hanya kebab, aneka makanan laut juga sangat populer di Istanbul. Sejumlah restoran tak hanya menyediakan makanan yang lezat, tapi juga pertunjukan atraktif.

gravatar

KD: Jalin Ikatan Tak Semudah Update Status BBM

JAKARTA - Krisdayanti (KD) mengatakan menjalin ikatan cinta tak semudah mengganti status Blackberry Messengers (BBM). Ada harapan yang diletakkan dalam hubungan itu.

“Harapannya semua manusia berpasangan punya komitmen untuk menjalin ikatan serius, karena buat saya yang terpenting dalam menjalin ikatan adalah bukan semudah update status di Blackberry,” ungkap KD ditemui di Balai Sarbini, Jakarta, Kamis (23/12/2010).

Ibu dua anak ini ingin mendapat berkat dari Yang Maha Kuasa. Menurutnya, tidak baik jika berhubungan ke arah yang lebih serius, tapi tidak ada usaha yang dikerjakan.

“Saya mau mendapat berkat dari Tuhan, karena enggak baik, kalau kita berhubungan ke arah yang serius, tapi enggak kita kerjakan,” urainya.

Selama 2010, KD menilai ada pencapaian hidup yang paling penting baginya. KD tidak hanya melihat di pencapaian karir saja, tapi lebih kepada hal yang sebelumnya dianggap negatif.

“Yang kemarin minus, yang sekarang Alhamdulillah bisa diperbaiki. Semua orang enggak luput dari kesalahan, tapi manusia itu dilahirkan sempurna loh. Karena kita lebih dari mahluk Tuhan yang lain,” ulas KD.

KD pun telah menyusun rencana di 2011 mendatang. Meskipun belum mau berbagi, sepertinya bakal ada kebahagiaan yang telah dipersiapkan.

“Insya Allah bulan Januari nanti, Raul bisa memberikan pernyataan mau dibawa kemana hubungan kita,” pungkasnya.

gravatar

Perkuat Peran Regulator. Ditjen Perkeretaapian Bentuk Direktorat Keselamatan Perkeretaapian

JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian membentuk Direktorat baru yaitu Direktorat Keselamatan Perkeretaapian dengan maksud mempertegas peranannya sebagai regulator moda transportasi perkeretaapian.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No KM 60 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Perhubungan urusan bidang keselamatan perkeretaapian yang semula menjadi satu di dalam Direktorat Teknik Sarana Perkeretaapian telah dipisahkan tersendiri dalam satu Direktorat.

"Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub mengembangkan organisasinya dengan mengkhususkan unsur keselamatan sebagai hal yang harus diutamakan dan menjadi tanggung jawab kita semua," ungkap Dirjen Perkeretaapian Tundjung Inderawan sebagaimana dikutip dari situs resmi Kementerian Perhubungan, Jumat (24//12/2010).

Menurut Tundjung secara efektif mulai 2011, Ditjen Perkeretaapian selaku regulator penyelenggaraan transportasi perkeretaapian memiliki tugas pokok dan fungsi yang makin memerlukan keterpaduan antara kecakapan, keahlian, pemikiran dan tindakan yang tepat serta pengambilan keputusan yang tepat di bidang perkeretaapian.

"Perkembangan teknologi dan peningkatan wawasan para pengguna jasa perkeretaapian makin menuntut peran kita untuk dapat menciptakan kondisi perkeretaapian yang aman, selamat, nyaman, cepat dan hemat," jelas Tundjung.

Dengan adanya Direktorat Keselamatan yang baru dibentuk, saat ini Ditjen Perkeretaapian Kemenhub memiliki empat Direktorat  yaitu  Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Direktorat Prasarana Perkeretaapian, Direktorat Sarana Perkeretaapian dan yang baru terbentuk Direktorat Keselamatan Perkeretaapian.

gravatar

Magic Hentikan Kemenangan Spurs

ORLANDO – Kemenangan beruntun San Antonio Spurs di NBA terhenti di angka 10. Adalah Orlando Magic yang berhasil mengalahkan Tim Duncan dkk dengan skor 123-101.

Keputusan manajemen Magic menggaet Gilbert Arenas sepertinya patut dipuji. Pasalnya, pemain bermasalah itu membuktikan kualitas dengan turut membantu Magic memenangi laga di Amway Arena, Jumat (24/12/2010).

Dwight Howard kembali ditunjuk menjadi bintang bagi Magic. Center muda ini mengemas 29 poin dan 14 rebounds. Jason Richardson mengumpulkan 15 poin dan Arenas menambah lewat torehan 14 poin dan sembilan assists buat Magic.

Magic mendominasi pertandingan sejak awal laga. Meski Spurs sempat memimpin dengan enam angka, namun masuknya Arenas membuat perubahan berarti dalam pola serangan Magic. Howard dkk menutup kuarter kedua dengan keunggulan 62-53.

Kombinasi serangan Arenas, Richardson, Hedo Turkoglu dan Howard benar-benar membuat Spurs tidak berdaya. Lewat sebuah aksi serangan balik yang cepat, Magic memimpin dengan skor 97-67 memasuki kuarter keempat.

Spurs sadar sudah tidak bisa mengejar perolehan angka Magic. Pelatih Gregg Popovich memutuskan untuk mengistirahatkan para pemain inti seperti Duncan dan Tony Parker sejak awal kuarter keempat, sekaligus memberikan kekalahan pertama sejak 1 Desember.

gravatar

Golkar: Jangan Saling Ancam di Setgab!

JAKARTA - Keretakan partai politik koalisi pemerintahan yang berada di sekretariat gabungan (Setgab) belum terselesaikan. Partai Golkar berharap gaya politik saling serang antara partai koalisi dihentikan.

Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham mengatakan dinamika politik di Setgab koalisi merupakan hal lumrah. Pasalnya, Setgab terdiri dari enam partai dengan gaya berbeda. "Setgab dirancang untuk kesetaraan, tidak ada yang mendominasi" kata Idrus saat dihubungi Doplang News, Jumat (24/12/2010).

Idrus berpendapat, kritik Wakil Sekjen PKS Mahfudz Siddiq soal dominasi Partai Golkar dan Demokrat di Setgab tidak bermaksud membuat polemik di tubuh koalisi. "Kalaupun ada pernyataan yang mengkritik bukan tidak baik, tujuannya untuk mengefektifkan," sambungnya.

Namun,  Idrus mengingatkan agar partai koalisi tidak memainkan gaya politik saling menyerang. "Tidak boleh ada yang saling menyerang, menggertak atau mengancam sesama partai koalisi, itu tidak produktif," tegasnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat melalui Wakil Sekjennya Saan Mustofa melontarkan pernyataan keras menanggapi ulah PKS. Demokrat kata Saan mempersilahkan PKS hengkang dari koalisi bila tak lagi nyaman mendukung pemerintah.

Pernyataan Saan langsung dibalas Ketua Fraksi PKS Mustafa Kamal. Menurut dia, pernyataan Saan menunjukkan Partai Demokrat sensitif. Baginya, kritik yang disampaikan Mahfudz bertujuan baik untuk pembenahan Setgab yang belum genap berusia setahun.

"Jadi omongan Mahfud adalah upaya reflektif yang penting subtansi, jangan keburu emosi kalau pilihan kata dirasa kurang pas di telinga, substansinya kan positif," kata Mustafa kemarin.

gravatar

Masa Jabatan 13.230 KPPS Tangsel Diperpanjang

TANGERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangerang Selatan (Tangsel) akan melantik kembali anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Total anggota KPPS yang akan dilantik kembali berjumlah sekitar 13.230 orang.

Ketua KPU Tangsel Iman Perwira Bachsan mengatakan, masa jabatan anggota KPPS sudah habis pada 13 Nopember 2010 dan harus segera diperpanjang sebelum dilakukan pemungutan suara ulang. "Karena masa kerja mereka telah habis, mereka harus dilantik kembali," ujarnya kepada okezone di Ciputat, Rabu (22/12/2010).

Untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS), Iman mengaku tidak akan ada perubahan. Total TPS di Kota Tangsel berjumlah 1890 TPS. "Yang diganti hanya petugasnya saja," tegas Iman.

Anggota KPU Tangsel, M Subhan menambahkan, jumlah anggota KPPS ditiap TPS berjumlah tujuh orang. Kebijakan pelantikan kembali anggota KPPS sesuai dengan Peraturan KPU No 15/2010 tentang Pedoman Tata Cara Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Tempat Pemungutan Suara.

"Kami menginginkan kinerja KPPS setiap TPS pada hari pencoblosan lebih maksimal. Karena itu, kami memutuskan KPPS di setiap TPS berjumlah tujuh orang. Hal itu untuk meminimalisir kesalahan penghitungan dan hitung di TPS," jelasnya.

gravatar

Rosberg Optimistis Peluang Mercedes

BRACKLEY - Menutup musim 2010 di posisi empat klasemen akhir tidak menyurutkan semangat Nico Rosberg. Pembalap Jerman yakin, Mercedes GP akan tampil lebih 'garang' musim depan.

Rosberg mengakui, kinerja MGP W01 milik tim yang bermarkas di Brackley memang kurang memuaskan. Namun, dia berkeras, Mercedes mampu menampilkan performa lebih memuaskan, 2011 mendatang.

"Jika merujuk faktor teknis, kami memang bukan tim terbaik. Tapi, saya pikir, kami memiliki orang-orang terbaik, dimulai dari Ross (Brawn). Jadi, saya percaya kami bisa tampil lebih baik," papar Rosberg kepada Autosport, Rabu (22/12/2010).

"Dia (Brawn) tentu belajar banyak tentang kelemahan timnya tahun lalu (bersama Brawn GP – red), dan terutama tahun ini. Jadi, dia masih dalam proses untuk mengeluarkan kemampuan terbaik masing-masing individu, merangkul semua orang untuk bekerja sama, yah, hal-hal seperti itu," imbuhnya.

"Banyak perubahan terjadi dalam tim. Tiga tahun terakhir tak ubahnya perjalanan menaiki rollercoaster. Kami masih membutuhkan waktu untuk menampilkan performa seperti yang diharapkan semua orang," tutup rekan setim Michael Schumacher.

gravatar

Ditolak Rumah Sakit, Pasen Miskin Meninggal

CIREBON - Akibat ditolak pihak rumah sakit dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, saat mengajukan surat keterangan miskin (SKTM), Tati Nurhayati, seorang pasien miskin akhirnya menghembuskan napas terakhir.

Informasi yang berhasil dihimpun, warga Jalan Pamitran Kota Cirebon ini, masuk ke RSUD Gunungjati Minggu 12 Desember lalu. Karena tergolong pasien tidak mampu, pasien yang diagnosa menderita Suspect Hyperthyroid ini selanjutnya mengajukan SKTM.

Karena dianggap tidak masuk kategori program live saving, pengajuan pasien keluarga miskin ini juga ditolak pihak Dinas Kesehatan. Setelah mendapat kepastian ditolak, pihak keluarga langsung menghubungi Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr Kaptiningsih.

"Namun Kadinkes juga menolak dengan alasan sama, yakni tidak masuk program," kata Agus Amino, keluarga pasien, Rabu (22/12/2010).

Dikatakannya, Kadinkes Kota Cirebon, dr Kapti malah menyarankan agar pasien tidak perlu mendapat perawatan inap, tapi cukup dengan berobat jalan. Namun, selang beberapa jam kemudian, pasien meninggal dunia.

Agus Amino, yang juga aktivis warung diskusi kebangsaan ini menyayangkan meninggalnya pasien gakin akibat penolakan baik dari pihak rumah sakit maupun Dinkes.

"Selama ini alasan live saving sering digunakan menjadi alat penjegal pasien gakin. Padahal adanya live saving jelas berarti untuk menyelematkan hidup," tegas Agus.

Dikatakan, istilah live saving dalam dunia kesehatan atau kedokteran digunakan sebagai upaya penyelematan hidup dan yang lebih mengetahui kriteria live saving adalah dokter dengan diagnosa sementara maupun tetap.

"Selama ini Live saving malah sering kali dijadikan alat agar pasien gakin tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD Gunungjati karena dinkes menolak memberikan rekomendasi fasilitas SKTM bagi pasien gakin yang akan berobat. Padahal selama ini sudah ada rujukan dari Puskesmas," kata Agus.

Agus yang juga kader PDIP Kota Cirebon tersebut menyesalkan kurangnya koordinasi antara pihak RSUD Gunungjati dengan Dinkes. Terlebih hal ini menyangkut keselamatan jiwa pasien.

gravatar

PSSI Denda Maman Rp10 Juta

BANDUNG - Bek andalan Persib Bandung, yang kini tengah melakukan persiapan bersama Timnas Indonesia, Maman Abdurrahman dikenai denda sebesar Rp10 juta oleh komdis PSSI. Namun, denda ini dianggap aneh oleh manajemen Persib.

Maman dianggap menyikut pemain depan PSPS Pekanbaru di partai terakhir Maung Bandung, Selasa 2 November silam. Laga away Maung Bandung tersebut merupakan laga pamungkas di tahun ini.

Akibat perbuatannya, pemilik nomor punggung 5 tersebut mendapat kartu kuning sekaligus larangan sekali bertanding saat dijamu Sriwijaya FC, 2 Januari nanti di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang. Dan sesuai Manual Liga, Maman juga harus membayar denda sebesar Rp3 juta.

Namun, Manajer Persib Umuh Muchtar mengaku tidak mengerti dengan sanksi 'dadakan' tersebut. “Kita mainnya saja sudah lama. Terus tidak ada pemberitahuan kepada kita soal kesalahan Maman. Kok bisa pemain kita ada yang didenda,” ungkap Umuh, Rabu (22/12/2010).

Merasa ada yang janggal, Umuh mengaku, pihaknya akan melanyangkan surat peninjauan kembali (PK) kepada komdis PSSI. Pasalnya, Maman sendiri mengaku sudah meminta maaf dan tidak akan melakukan lagi perbuatan yang sama. Apalagi, Maman turut berprestasi membawa timnas ke ajang final AFF 2010.

“Harusnya ada toleransi dari Komdis karena Maman juga sudah meminta maaf kalau memang dia salah. Apalagi, dia juga kan sudah mati-matian membela timnas hingga ke final Piala AFF 2010 ini,” jelasnya.

gravatar

Motor Dirampas, Wajah Terluka Parah

Semarang, Doplang News. Seorang remaja Dian Puji Lestari (12) warga Cimandiri VIII/15 RT 4 RW 3, Mlatiharjo, menjadi korban perampasan empat pria tak dikenal saat hendak membeli makan di tengah malam. Sepeda motor Yamaha Mio warna kuning H-4281-GF dibawa kabur pelaku.
Peristiwa tersebut terjadi di tikungan Jalan Simongan, tepatnya di depan sebuah warung soto, Senin (20/12) sekitar 00.30. Korban ditendang hingga jatuh tersungkur dan tak sadarkan diri. Korban mengalami luka parah di sekitar wajah, punggung dan bahu akibat terjatuh di jalan.
Korban didampingi ayahnya, Mujiono (42), saat melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polrestabes Semarang, Rabu (22/12). Kepada petugas dilaporkan, kejadian tersebut bermula saat korban bersama adiknya Joko Legianto (10) dan temannya Istad Turatrinoko (13) membantu Ibu korban, Ngatinah (35), berjualan mie di kawasan Jalan Raya Pasar Bulu.
Merasa lapar, mereka bertiga berkeinginan mencari makan. Mereka kemudian meminta ijin untuk memakai motor milik bibinya, Wiji Srimurni (35) warga Sawahbesar I RT 6 RW 2, Gayamsari, yang kebetulan sedang dipinjam oleh Ibunya. "Saya meminta ijin kepada Ibu untuk mencari makan, karena lagi ingin nasi kucing," ujar korban kepada petugas SPK. Motor yang dikendarai korban itu menuju ke nasi kucing di kawasan Pusponjolo.
Saat berada di Jalan Simongan, korban tak menyadari bahwa dirinya diikuti tiga pria tanpa helm. Motor bebek yang dikendarai ketiga pelaku berwarna hitam tanpa merek itu kemudian menyalip dan mendekati korban.
"Saya menegur mereka, karena terlalu dekat," ujarnya dengan polos. Namun tiba-tiba salah satu pelaku menendang bagian sayap motor, sehingga motor yang dikendarainya oleng dan ia tidak bisa mengendalikan stang. Korban yang mengendarai dengan kecepatan kurang lebih 60 km/jam itu terjatuh.
Ia pun kemudian tak sadarkan diri. Sedangkan Joko dan Istad yang panik tak bisa berbuat apa-apa dan masih terbaring di jalan. Tiba-tiba datang seseorang yang diduga komplotan pelaku mengambil motor milik korban.
Begitu mendapatkan motor rampasan, keempat pelaku itu langsung kabur ke arah Jalan Pusponjolo. Joko dan Istad yang masih siuman berteriak minta tolong meski jalan sudah sepi. Beruntung, seorang pengendara motor bernama Dian Kurniawati datang menolong. Korban kemudian dibawa ke Klinik 24 Jam, Jalan Pusponjolo.

gravatar

Pertahanan Indonesia Rapuh

KUALA LUMPUR – Timnas Indonesia punya catatan cukup baik sepanjang gelaran AFF Cup 2010. Hingga semifinal leg kedua akhir pekan lalu, Indonesia mencatat 15 kali mencetak gol dan hanya dua kali kebobolan. Catatan itu akan dipertaruhkan di laga final melawan Malaysia, 26 dan 29 Desember mendatang.

Penyerang Malaysia Safee Sali, punya pandangan sendiri tentang kekuatan Indonesia. Bagi Sali, Indonesia memang gahar dalam serangan, namun rapuh dalam soal pertahanan. Kelemahan ini akan mereka manfaatkan pada laga final leg pertama di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Malaysia menjadi tim pertama yang sukses mengoyak gawang Markus Horison pada laga perdana babak penyisihan Grup A, 1 Desember 2010. Pertahanan Merah-Putih jebol di menit 17. Pergerakan individu Safee Sali mampu mengecoh bek Hamka Hamzah, Safee menyodorkan bola kepada Norshahrul Idlan yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan Idlan menceploskan bola ke kanan gawang Markus. Sial buat Malaysia, gol tersebut malah melecut semangat bermain Indonesia yang akhirnya menang telak 5-1.

"Inilah peluang terbaik untuk kita membalas dendam. Kekalahan 1-5 sudah banyak membalaskan dendam dan kali ini kami bertekad untuk bangkit membenamkan Indonesia," kata Safee Sali seperti dilansir Utusan Online, Selasa (21/12/2010).

"Saya sadar bahwa pertandingan akan berjalan sulit dan kami punya beban berat. Kami harus bisa mencetak gol dan striker Norshahrul Idlan Talaha sudah pasti memainkan peranannya dengan baik. Saya harap bola banyak diberikan kepada saya, sudah pasti peluang untuk menjaringkan gol sangat terbuka. Safiq Rahim juga mampu merencanakan serangan dengan baik," lanjut penyerang Selangor FC itu.

Safee mengakui bahwa timnya cukup lemah dalam penyelesaian akhir bola mati, baik tendangan sudut atau tendangan bebas. Tidak ada pemain yang mampu menyelesaikan dengan tandukan tajam.

"Kekurangan kita saat ini adalah pada situasi bola mati. Kita tidak mempunyai pemain yang mampu menyambut tendangan bebas atau sudut dengan baik. Pertahanan Indonesia tidak cukup kuat. Kami bisa mencetak gol saat kami bersua di penyisihan grup,” tutup Safee.

Saat ini kondisi pemain bertahan skuad Garuda dalam kondisi terbaik. Dua bek tengah Maman Abdurahman dan Hamka Hamzah mampu membuat frustasi penyerang Filipina. Hanya, pekerjaan rumah buat kiper Markus Horison yang sudah tiga kali melakukan blunder fatal dengan meninggalkan gawang untuk memotong umpan silang. Markus tidak lengket menangkap bola, dan kerap melahirkan kemelut di mulut gawang.

gravatar

Presiden Terima Panitia Natal Nasional 2010

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Panitia Perayaan Natal Tingkat Nasional Tahun 2010, pagi ini pukul 11.00 WIB di Kantor Presiden, Jakarta.
 
Rombongan penitia akan dipimpin langsung Ketua Panitia Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.
 
Berdasarkan informasi Biro Pers Istana Kepresidenan, Selasa (21/12/2010), Presiden juga akan menerima panitia peringatan Hari Ibu ke-82 pada pukul 12.00 WIB. Selanjutnya, didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Presiden dijadwalkan meresmikan pemancar televisi digital Lembaga Penyiaran Publik TVRI di Auditorium TVRI, Senayan, Jakarta.
 
Kepada wartawan pada 2 Desember lalu, Mari Pangestu mengatakan, Perayaan Natal Nasional 2010 akan diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 27 Desember mendatang. Perayaan Natal tahun ini juga dilakukan serentak di daerah-daerah bencana, seperti di Wasior, Mentawai, di daerah sekitar Merapi, dan Flores Nusa Tenggara Barat (NTT).
 
Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Natal Tahun 2010 dengan tema Menonjolkan Peran Kaum Muda Dalam Memperkuat Toleransi itu, direncanakan akan dihadiri Presiden dan Ibu Negara.

gravatar

Investasi Capai Rp200 Triliun

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengapresiasi raihan investasi pada 2010 yang mencapai Rp200 triliun.Capaian tersebut menjadi faktor penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

”Pada 2010, investasi kita berjumlah Rp200 triliun, lumayan dan itu juga mendongkrak pertumbuhan (ekonomi).Tahun lalu jumlahnya masih seratus sekian,” papar Presiden dalam sambutannya pada acara penganugerahan penghargaan di bidang industri di Istana Negara kemarin.

Presiden mengingatkan beberapa daerah yang potensi ekonominya tumbuh untuk mengundang investor masuk. Presiden meyakini nilai investasi tersebut sebenarnya bisa ditingkatkan bila Indonesia terus memperbaiki diri.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan investasi di Indonesia adalah dengan menerapkangood governance, infrastruktur yang memadai, undang-undang yang tepat, serta tidak ada pungutan liar (pungli).

Selain itu, tidak mempersulit dunia usaha. Nilai investasi itu harus terus ditingkatkan dan semakin merata di setiap daerah pada tahun-tahun mendatang.

Seperti diketahui, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi Indonesia pada 2009 mencapai Rp135 triliun (sekitar USD128 miliar). Jumlah ini terdiri atas Rp100 triliun investasi asing dan Rp35 triliun dari dalam negeri. Selain investasi,faktor lain yang bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi adalah inovasi dan kewirausahaan.

Karena itu, Presiden meminta semua pihak untuk mendorong kewirausahaan dan masyarakat berbasis kewirausahaan. ”Jika kita tidak melakukan inovasi dan kewirausahaan, sayang sekali potensi besar yang kita miliki.Indonesia tidak boleh menyia-nyiakan momentum ekonomi kita yang tumbuh dan berkembang,”ucapnya.

SBY mengingatkan, pertumbuhan ekonomi diperlukan untuk mengurangi tingkat pengangguran dan menjamin masyarakat memiliki pendapatan yang cukup.Selain ingin memajukan industri secara merata untuk menumbuhkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerintah juga ingin membangun masyarakat industri yang semakin menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

gravatar

LG Bikin Ponsel Tertipis di Dunia

SEOUL - Desain ponsel yang semakin tipis akan menjadi tren di masa depan. Vendor asal Korea Selatan, LG pun berencana untuk membuat ponsel yang diklaim akan menjadi ponsel tertipis di dunia.

Konsep ponsel tertipis di dunia itu, bocor di internet. LG menggunakan nama konsep LG 'B' untuk ponsel terbarunya tersebut. Namun sayangnya, LG tak menjelaskan secara rinci ukuran ponsel tersebut.

Ponsel tersebut akan menggunakan sistem operasi Android. Diperkirakan ponsel ini akan menjadi pesaing Samsung Galaxy S dan iPhone 4. 

Seperti dilansir Mobile Choice, Selasa (21/12/2010), ponsel cerdas tersebut akan diluncurkan pada tahun 2011.

Sebelumnya, LG juga telah meluncurkan smartphone terbarunya LG Optimus 2X yang diklaim sebagai ponsel yang menggunakan prosesor dual-core pertama di dunia. LG Optimus 2X menggunakan prosesor Tegra 2 yang akan membuat kinerja smarphone menjadi lebih cepat. Smartphone ini juga diklaim akan 'memperhalus' web browsing dan kerja aplikasi. 

"Teknologi Dual-core adalah lompatan berikutnya dalam teknologi mobile sehingga ini adalah prestasi besar untuk menjadi yang pertama dalam menawarkan smartphone berbasis dual core," kata CEO dan Presiden LG Electronics Mobile Communications Company Dr Park Jong-seok.

Ponsel ini memiliki fitur unik seperti HDMI (High Definition Multimedia Interface) mirroring.

gravatar

Penumpang KA Diprediksi Capai 17.012 Orang

Semarang, Doplang News. PT KA DAOP IV Semarang mulai hari ini membuka layanan masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2010. Selama 16 hari, terhitung mulai Selasa (21/12) hingga Rabu (5/1), perusahaan kereta api itu siap melayani pelanggan pada masa liburan panjang tersebut.
PT KA DAOP IV Semarang memprediksikan jumlah penumpang di wilayahnya pada masa angkutan itu mencapai sekitar 17.012 orang.  Hal itu diungkapkan Vice President (VP) PT KA DAOP IV Semarang, Septa Trijono Ramadin saat menemui rombongan Komisi V DPR RI di Stasiun Tawang, Senin (20/12) sore.
"Selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2010, akan diberlakukan tarif batas atas. Prediksi penumpang 17.012 ini sedikit lebih banyak dibandingkan dengan saat sama (angkutan Natal dan Tahun Baru-red) tahun 2009 lalu," katanya.
Menurut dia, wilayah DAOP IV Semarang terdiri atas 12 kota/ kabupaten seperti Semarang, Kendal, Pekalongan, Pemalang dan Tegal. Untuk jumlah tempat pemberhentian kereta api yang telah siap melayani angkutan Natal dan Tahun Baru 2010 ada 48 stasiun.
Mengenai kereta api, yang telah disiapkan mencapai 170 armada. Kereta api itu meliputi kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi. Adapun, jumlah lintasan di wilayahnya yaitu 632.
Dari jumlah lintasan, pihaknya menjelaskan, yang termasuk kategori double track atau rel ganda hanya ada di 29 kilometer saja seperti beberapa contohnya di Pekalongan hingga Tegal. Sementara, lintasan yang belum masuk kategori rel ganda di DAOP IV Semarang ada di sepanjang kurang lebih 400 kilometer.
Tahun 2011, direncanakan proyek rel ganda akan dikerjakan di lintasan sepanjang 25 kilometer. Jika semua lintasan dibuat rel ganda, hal ini bakal membutuhkan proses maupun waktu yang panjang. Paling tidak proyek nantinya bisa terselesaikan di tahun 2025.
Menyikapi masa angkutan Natal dan Tahun Baru, menurutnya, yang menjadi kendala selama ini yaitu banjir maupun rob, terutama di Stasiun Tawang. Kondisi banjir maupun rob di stasiun itu tak terjadi baru-baru saja, melainkan sudah sejak 1932.

gravatar

Polda - Kampus se-Jateng Jalin Kemitraan

Kudus, Doplang News. Kepolisian daerah dan Paguyuban Pimpinan Perguruan Tinggi  bidang Kemahasiswaan Jawa Tengah. Senin (20/12) malam menandatangani kesepakatan  pembentukan Forum Kemitraan Polisi Mahasiswa dan Masyarakat (FKPMM). Sejauh ini pembentukan forum seperti itu merupakan yang pertama kalinya di Indonesia.
Hadir  pada kesempatan tersebut, Kapolda Jateng, Irjen Polisi Edward Aritonang, serta perwakilan dari 69 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Jawa Tengah. Ditemui usai acara, Kapolda mengatakan, kemitraan tersebut dianggap sangat penting.
Menurutnya, ada tiga hal mengapa pihaknya menggandeng kalangan kampus. Tiga faktor tersebut yakni mobilitas yang cukup tinggi, idealis, dan mempunyai tingkat intelektual yang tinggi. "Jadi, apa yang disepakati dapat disebarluaskan kepada masyarakat lainnya," ungkapnya.
Mengenai teknis kerjasama, hingga saat ini pihaknya masih akan mencari format yang terbaik sesuai kondisi masing-masing kampus. Hanya saja, melalui kerjasama tersebut pihaknya akan berusaha membantu menciptakan keamanan di lingkungan tempat tersebut.
Hal itu dilakukan sesuai tugas dan kewenangan yang dimiliki kepolisian. "Pada kondisi tersebut aktivitas di kampus diharapkan dapat berlangsung secara aman dan nyaman," tandasnya.
Intervensi
Disinggung apakah hal tersebut sebagai bentuk intervensi ke kampus, Edward menepis anggapan tersebut. Dia menegaskan kemitraan tersebut bukan merupakan upaya untuk mengintervensi kehidupan di lembaga pendidikan itu. "Kami tidak mengintervensi dan perlu ditekankan, forum tersebut bukan untuk memata-matai kehidupan di kampus," katanya.
Pada masa mendatang, pihaknya juga mengharapkan partisipasi pihak universitas untuk dapat mengkritisi kebijakan pengelolaan keamanan. Semua itu diperlukan untuk mencari solusi dan sistem yang terbaik dan efektif.
Terpisah, perwakilan UKSW, Berry Revino, mengharapkan agar kegiatan tersebut ditindaklanjuti terus meskipun pimpinan kepolisian dirotasi. Dia khawatir, pergantian kepemimpinan akan mengubah pola kerjasama yang sudah ada saat ini. "Jangan sampai ganti pimpinan, ganti kebijakan," ungkapnya.
Menanggapi hal tersebut, Edward menjamin kerjasama tersebut akan tetap berlangsung. Forum tersebut sudah sudah masuk program kebijakan kepolisian. "Meskipun pimpinan berganti, kebijakan tetap dilaksanakan," jelasnya.

gravatar

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Longsor

Kajen, Doplang News. Hujan deras yang terus mengguyur sepekan terakhir menyebabkan longsor di Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan. Puluhan rumah rusak tertimpa senderan jalan dan bukit.
Longsor juga merusak balai desa dan jalan utama di Lebakbarang, hingga warga yang lewat harus hati-hati. Tidak ada korban jiwa atau luka dalam bencana longsor yang terus terjadi sebulan terakhir ini.
Camat Lebakbarang R Djoko Laksono mengatakan, longsor sebenarnya terjadi dengan skala yang tidak terlalu besar. Namun frekuensinya tinggi dan hampir tiap hari, tersebar di berbagai wilayah.
"Hingga saat ini berdasarkan laporan jumlahnya sudah puluhan, dan tersebar di beberapa desa seperti Tembalanggunung, Pamutuh, Wonosido, Timbangsari, Sidomulyo, Lebakbrang, Kapundutan, dan Bantarkulon," jelasnya.
Kerusakan sebagian besar karena senderan yang ambruk dan menimpa rumah. Sebagian besar rumah rusak di bagian dinding dan dapur. "Alhamdulillah tidak ada korban jiwa atau luka, dan sebagian sudah diperbaiki warga," ujarnya.
Balai Desa
Di Desa Pamutuh, longsor juga merusak balai desa. Dinding aula balai desa itu jebol karena tertimpa  longsoran. "Sampai saat ini aula ditutup dan tidak bisa digunakan untuk kegiatan," tambah Camat.
Sedangkan jalan yang ambrol akibat longsor ada di sekitar tugu perbatasan . Jalan di sekitar jembatan ambrol hingga sepanjang sekitar enam meter, dan menggerus separuh jalan.
Kendaraan yang lewat dan berpapasan harus bergantian lewat karena separuh jalan longsor. Untuk menghindari kecelakaan, jalan yang ambles dan longsor itu ditutupi bambu pengaman.