gravatar

Jamaah Surakarta Meninggal di Pesawat

Boyolali, Seorang anggota jamaah haji asal Kota Surakarta, Jawa Tengah, yang tergabung kelompok terbang (kloter) tiga meninggal saat berada di pesawat dalam perjalanan pulang ke Tanah Air, Selasa (23/11).

R Soewarso bin Darmo Wiyono (80), warga RT 1 RW 1 Karangasem, Laweyan, Kota Surakarta diketahui meninggal di pesawat, sekitar pukul 01.05 Waktu Arab Saudi.

Jenazahnya yang sudah terbungkus di kantung mayat tersebut setibanya di Bandara Adi Soemarmo Surakarta, pukul 15.37 WIB, langsung dibawa dengan ambulans menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Jenazah diserahkan Wakil Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surakarta, Sigit Warsito, kepada keluarga almarhum.

Menurut dokter kloter tiga Kota Surakarta, dr. Retnowati, pesawat yang ditumpangi rombongan haji itu berangkat dari Bandara King Abdul Aziz Arab Saudi, Senin (22/11) sekitar pukul 10.15 WAS. Setelah pesawat mengudara sekitar dua jam, Soewarso diketahui meninggal di tempat duduknya oleh pihak keluarga yang mendampingi pasien.

"Kami saat memeriksa pasien kondisinya sudah meninggal, sehingga kami tidak sempat melakukan menanganan medis," ungkapnya.

Padahal,kata dia, kondisi pasien saat masuk kamar mandi di dalam pesawat masih sehat dan dia kemudian duduk selama beberapa saat. Menurutnya, Soewarso mempunyai riwayat penyakit TBC paru yang kronis pada 30 tahun lalu. Pasien sebelum terbang sudah diperiksa kesehatannya dan layak ikut penerbangan itu.