gravatar

40 Polisi Kawal Jamaah Haji Asal Bangkalan

BANGKALAN- Sebanyak 40 personel Polres Bangkalan disiapkan khusus untuk menyambut kedatangan para jamaah haji dari Tanah Suci. Diperkirakan, jamaah haji akan tiba di kabupaten Bangkalan, Madura pada 3 Desember mendatang.

Kepala bagian operasional (Kabag Ops) Polres Bangkalan Komisaris Polisi Abdul Rokhim menyatakan, sebanyak 40 personel yang diturunkan tersebut berasal dari berbagai jajaran, mulai reserse kriminal, intel dan lalu lintas.

“Untuk komposisi terbanyak, kami ambilkan dari lantas karena diprediksi banyak mobil dan keluarga yang menjemput,” ujarnya, kemarin.

Rokhim menerangkan, saat pengamanan pemulangan jamaah haji nanti, pihaknya akan bersiap diri sejak pagi hari, meski kabarnya kedatangan para jamaah haji dijadwalkan petang hari. Beberapa personel, akan disebar mulai dari akses Tol Suramadu hingga Pendopo Kabupaten.

Demi kelancaran proses pengamanan, Rokhim akan segera melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Agama Bangkalan, termasuk mempertanyakan tempat kedatangan jamaah akan langsung di bawa ke mana. Untuk tahun sebelumnya, para jamaah haji bisa dijemput di alun-alun setempat.

“Yang pasti, akan kami kawal sejak dari Suramadu. Hal itu dilakukan supaya para jamaah haji aman dan lancar,” ungkapnya.

Rohkim mengimbau, agar para keluarga jamaah haji tidak terlalu banyak untuk melakukan penjemputan di alun-alun. Ini supaya tidak terjadi kemacetan di ruas jalan menuju alaun-alun. Para keluarga yang ingin menjemput, tidak dengan rombongan dan tidak terlalu banyak.

Jumlah jamaah haji asal Kabupaten Bangkalan sendiri berjumlah 905 orang. Dalam kedatangan tahap pertama, ada sebanyak 652 orang jamaah yang datang, tergabung dalam kloter 34 dan 35. Sementara untuk sisanya, datang secara menyusul.

Wakil Ketua DPRD Bangkalan, H Musawir, berharap kedatangan para jamaah haji disambut secara proporsional, sehingga tidak membuat kemacetan lalu lintas. Paling tidak, jumlah penjemput cukup dengan satu atau dua mobil saja.