gravatar

Windows Phone 7, 'Surga' Bagi Pengembang Lokal

JAKARTA - Para software developer lokal menyambut gembira kabar peluncuran Windows Phone 7 yang telah dilakukan Microsoft Corp bersama para mitra kerjanya.

Dirancang untuk memberikan pilihan bagi para pembeli smartphone yang tumbuh sangat pesat dengan pilihan model-model stylish dari berbagai produsen ponsel terkemuka di dunia, smartphone Windows Phone 7 menyediakan fitur-fitur komunikasi lengkap yang menyenangkan penggunanya namun tetap dapat membantu mereka menyelesaikan pekerjaan secara lebih baik.

Windows Phone 7 menghadirkan kesempatan yang lebih luas tidak hanya bagi para developer yang telah terbiasanya mengembangkan games dan aplikasi untuk smartphone berbasis Windows namun juga bagi developer lain yang ingin memanfaatkan kesempatan dengan hadirnya Windows Phone 7. Ini berkat tersedianya e-book 'Silverlight untuk Windows Phone 7'.

"Saya berharap e-book 'Silverlight untuk Windows Phone 7' yang saya kembangkan mendapat dukungan luas dan menjadi inspirasi pengembangan aplikasi untuk mempelajari bagaimana membuat aplikasi pada Windows Phone 7," kata Puja Pramudya, pengembang e-book Silverlight untuk Windows Phone berbahasa Indonesia mengomentari peluncuran Windows Phone 7 baru-baru ini.

"Microsoft memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas ide pembuatan e-book 'Silverlight untuk Windows Phone 7', yang akan sangat membantu developer untuk mempelajari teknologi Silverlight secara lebih mudah dan nantinya mengembangkan aplikasi di Windows Phone ini," kata Risman Adnan, Developer Platform Lead Microsoft Indonesia.

"Kami sangat bangga salah satu peserta didik kami di Microsoft Innovation Center, Institut Teknologi Bandung menjadi inovator seperti Puja Pramudya. Dukungan luas dari produsen ponsel menghadirkan kesempatan yang lebih besar bagi mereka," ujarnya.

Windows Phone 7 menandai sebuah era baru dalam game bergerak sebagai ponsel pertama yang menghadirkan kekuatan Xbox LIVE di telapak tangan pengguna dengan deretan judul produk game paling laris dari para penerbit yang meraih penghargaan. Selain judul-judul yang telah diumumkan pada awal tahun ini, Electronic Arts Inc (EA) hari ini mengumumkan gelombang pertama game EA yang akan hadir di Windows Phone 7 dalam waktu dekat ini. Sebagai bagian dari portofolio judul Xbox LIVE yang dikelola Microsoft, semua game EA untuk Windows Phone 7 akan dapat diaktifkan melalui Xbox LIVE. EA akan menghadirkan portofolio judul yang menawarkan sesuatu yang berbeda untuk setiap mobile gamer, dari yang biasa hingga yang berkategori core , termasuk Need for Speed Undercover, Tetris, dan The Sims  3.

Dalam dunia yang super sibuk seperti saat ini, kita menghabiskan lebih banyak waktu bersama ponsel daripada berinteraksi dengan orang-orang yang berada di sekeliling kita dan kehilangan momen-momen penting dalam kehidupan. Windows Phone 7 dirancang untuk memberikan pengalaman layanan bergerak yang membuat ponsel dapat bekerja lebih baik bagi para penggunanya, menyatukan hal-hal yang paling mereka sukai dan membantu mereka untuk menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat.

Windows Phone 7 mendobrak konvensi smartphone saat ini untuk membantu para penggunanya agar dapat dengan cepat dan mudah menemukan dan menggunakan data, informasi dan layanan dari Internet serta beragam aplikasi. Ponsel baru ini sangat berbeda karena memiliki desain yang unik dan pengalaman yang terintegrasi dibangun dari portofolio Microsoft yang luas seperti Xbox LIVE, Microsoft Office Mobile, Zune, Windows Live, Bing dan banyak lagi.

Sebagai contoh, Start screen yang dapat disesuaikan dengan Live Tiles merupakan pengalaman pribadi yang menunjukkan konten milik pengguna itu sendiri.  Live Tiles hadir dengan update secara real-time dari Web seperti berita, janji pertemuan atau status teman-teman. Fitur Live Tiles yang baru ini dapat dengan mudah dibuat dari konten apapun yang diinginkan konsumen, seperti aplikasi, situs Web dan musik.

Windows Phone 7 juga merupakan software pertama yang menawarkan pengalaman musik Zune dalam ponsel: Para pengguna dapat memutar koleksi musik mereka yang disinkronasikan dari PC mereka melalui koneksi nirkabel, atau melakukan streaming atau mengunduh lagu baru dari Windows Marketplace. Opsi Berlangganan Zune Pass juga tersedia.

Pencarian dibuat menjadi lebih mudah dengan tombol khusus untuk membantu pengguna menemukan apa yang mereka butuhkan, baik dalam kontak, di Marketplace, dalam email atau di Internet. Dari Start screen, tombol Search menampilkan Bing for mobile, sehingga memberikan hasil pencarian web, informasi lokal, peta, arah dan banyak lagi.

Solusi Windows Live membantu pengguna mengelola foto, Windows Live Calendar, Office OneNote Mobile dan banyak lagi. Layanan Find My Phone yang gratis, sebagai fitur baru pada Windows Live dapat melakukan panggilan, mengunci, menghapus dan menampilkan lokasi ponsel Anda di peta dari jarak jauh.