gravatar

Tolak Balak, Warga Tengger Gelar Istigosah

PASURUAN - Warga Suku Tengger, Tosari, Kabupaten Pasuruan, menggelar doa bersama dan istigosah di masjid setempat. Kaum muslim Tengger ini memohon pertolongan kepada Allah agar dijauhkan dari bencana Gunung Bromo.

Istigosah warga muslim Tengger ini dipimpin Ketua Rois Syuriah dan Ketua Tanfidiyah PC Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Pasuruan, KH Abdurrahman Syakur dan KH Sonhaji Abdus Somad.

"Istigosah ini untuk meminta pertolongan kepada Allah agar bencana Gunung Bromo ini tidak seperti bencana Gunung Merapi. Kami berharap agar bencana ini segera berlalu dan tidak merugikan masyarakat luas, khususnya masyarakat Tengger," kata KH Sonhaji Abdus Somad, Jumat (24/12/2010).

Menurut Trisno Sudigdo, Ketua PAC NU Tosari, berbagai upaya telah dilakukan masyarakat Tengger untuk dihindarkan dari bencana Gunung Bromo. Seperti warga Hindu Tengger, juga telah melakukan hal yang sama pada saat merayakan hari raya Kuningan, beberapa hari lalu.

"Memohon pertolongan agar dihindarkan dari bencana ini juga telah dilakukan secara adat Tengger, seperti labuh sesaji di kawah Gunung Bromo. Semuanya dilakukan agar masyarakat, khususnya Suku Tengger dijauhkan dari bencana Gunung Bromo," kata Trisno.



Semburan abu vulkanik Gunung Bromo kian berdampak pada kehidupan masyarakat. Sejumlah kawasan yang sebelumnya tidak tersentuh guyuran abu, kini mulai tertimbun abu vulkanik.

Di kawasan Puncak Penanjakan, Tosari, Kabupaten Pasuruan, abu vulkanik tebal mulai menimbun tempat wisata yang biasa digunakan untuk melihat matahari terbit (sunrise). Kawasan hutan lindung disekitarnya juga bernasib sama. Akibat timbunan abu vulkanik tersebut, dahan-dahan pohon cemara patah dan berserakan hingga menutupi ruas jalan.

Abu vulkanik ini juga menyebabkan padamnya aliran listrik di Puncak Penanjakan, Tosari dan Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Padamnya listrik di Penanjakan ini, cukup berdampak luas. Karena di kawasan view point tersebut, terdapat puluhan tower BTS telepon seluler dan repeater radio komunikasi.