gravatar

Tinggal 5 Calon Komisioner KY Jalani Uji Kelayakan

JAKARTA - Fit and Proper Test calon pimpinan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR kembali dilanjutkan hari ini.  

Kini tinggal lima calon yang tersiksa akan menjalani uji kelayakan dan kepatutatan yakni, JMT Simatupang, Suparman Marzuki, Mangsa Manurung, Taufiqurrohman, dan Sumali.

Sementara kemarin, sembilan calon sudah melewati tahap tes yakni, Abbas Said, Abdul Ficar Hadjar, Eman Suparman, Hasanuddin, Hermansyah, Ibrahim, Iman Anshori Saleh, Jaja Ahmad Jayus dan Jawahir Thonthowi.

Proses uji kelayakan dan kepatutan akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB, Kamis (2/12/2010), yang diperkirakan akan berlangsung hingga sore nanti. Setelah itu, Komisi III DPR akan memilih tujuh dari 14 calon yang diseleksi.

Sekadar diketahui, proses awal seleksi dimulai dengan pembuatan makalah. Seluruh calon diberi waktu hingga 4 jam untuk mengetik makalah di tempat dengan tema yang sudah ditentukan. Kemudian, seleksi berlanjut ke presentasi makalah.

Beres presentasi makalah, semua calon komisioner KY mengikuti fit and proper test, Dari 14 calon, akan dipilih 7 komisioner KY, sekaligus ketua pengganti Busyro Muqoddas yang kini menempati pososi Ketua KPK