gravatar

Ratusan Warga Yogya Berdoa di Makam Sri Sultan

BANTUL – Dorongan masyarakat Yogyakarta untuk menetapkan Sri Sultan Hamengku Buwono dan Pakualam sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY semakin kuat.

Siang ini, ratusan masyarakat Yogyakarta akan menggelar ziarah dan doa bersama di pemakaman raja-raja Mataram di Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Rencananya, acara akan dimulai sekira pukul 14.00 WIB.

“Ini rangkaian aksi kita mendukung penetapan Sultan dan Pakualam sebagai pemimpin Yogya. Sebelumnya, kita juga sudah melakukan aksi cap jempol darah,” tegas Ketua Paguyuban Dukuh (Pandu) Bantul, Sulistyo Atmodjo, Jumat (24/12/2010).

Dia berharap, ritual doa bersama ini dapat menghasilkan RUU Keistimewaan Yogyakarta tetap memilih Sultan sebagai Gubernur sekaligus raja Yogyakarta. “Kita akan bermunajat secara Islam,” tandasnya.

Pantauan di lokasi, puluhan orang sudah berkumpul di lokasi. Satu persatu peserta doa bersama juga terus berdatangan. Mereka nampak mengenakan pakaian pranakan atau abdi dalem. Bahkan, beberapa wanita juga turut hadir dengan mengenakan kemben.

“Doa bersama ini tidak hanya diikuti anggota Pandu, tetapi juga masyarakat sekitar,” tukasnya.