gravatar

Petrov Pembalap Terburuk 2010

AMSTERDAM - Hanya menempati posisi 13 klasemen akhir pembalap, Vitaly Petrov disebut sebagai pembalap terburuk sepanjang musim 2010. Itu diungkapkan mantan pembalap asal Belanda, Jos Verstappen, dalam kolomnya di De Telegraaf.

Petrov mengakhiri musim 2010 dengan menempati peringkat 13, setelah hanya mampu mengumpulkan 27 poin. Padahal, rekan setimnya, Robert Kubica, mencatat hasil yang jauh lebih baik dengan finish di posisi delapan dengan raihan 136 poin.

Meski sempat tampil impresif pada GP Abu Dhabi, sulit bagi Verstappen untuk mengagumi kinerja Petrov.

"Saya rasa, pembalap Rusia Vitaly Petrov adalah pendatang baru terburuk sekaligus pembalap terburuk secara keseluruhan," tulisnya seperti dikutip Motorsport, Sabtu (11/12/2010).

"Selain seri Abu Dhabi, saya lebih sering melihat 'keahlian' Petrov dalam melakukan kesalahan. Apakah itu menabrak tembok, tergelincir atau merusak start, dia mengacaukan beberapa balapan. Anda tidak bisa membiarkan hal itu terjadi ketika membela tim kuat seperti Renault," kritik Verstappen.

"Perbedaan kualitas serta raihan nilai dengan Kubica cukup mencolok. Tapi, mungkin tidak adil membandingkan mereka, karena Kubica, bersama (Sebastian) Vettel dan (Fernando) Alonso, adalah salah satu yang terbaik," pungkasnya.

Verstappen pernah membela tujuh tim berbeda, termasuk Benetton dan Arrows, saat masih aktif di ajang F1 (1994-2003). Sayang, dalam 107 seri yang dilakoninya, dia hanya berhasil mencicipi podium sebanyak dua kali.