gravatar

Penggerebekan di Tegal Bermula dari Jejak Abu Tholut

JAKARTA - Mabes Polri mengakui penggerebekan pada Sabtu kemarin di rumah kontrakan milik Solikhin bin Nur adalah pengembangan dari penangkapan Abu Tholut di Kudus, Jawa Tengah, sehari sebelumnya.

“Disampaikan bahwa pada Sabtu 11 Desember 2010, sekira pukul 06.00 WIB tim Densus 88 Mabes Polri telah melakukan pengembangan terhadap Abu Tholut, selanjutnya dilakukan penggeledahan dikontrakan milik Solikhin bin Nur di Jalan Raya Karanganyar Nomor 26 A, Desa Pekauman Kulon RT 04 RW 01 Kecamatan Dukuh Turi, Kabupaten Tegal,” ucap Kadivhumas Irjen Pol Iskandar Hasan dalam pesan singkatnya kepada okezone, Sabtu (11/12/2010).

Abu Tholut berhasil ditangkap Tim Densus 88 Anti Teror di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Jumat (10/12/2010). Dia ditangkap pukul 08.00 WIB di Desa Dae, Kecamatan Dae, Kabupaten Kudus. Proses penangkapan ini melibatkan sebanyak 25 anggota Tim Densus.

Abu Tholut dikenal sebagai salah satu gembong teroris di Tanah Air. Bahkan, dia dikabarkan lebih hebat dari Noordin M Top dan Dulmat
in dalam membuat bom. Abu Tholut juga terlibat dalam aksi perampokan CIMB Niaga di Medan beberapa waktu lalu.