gravatar

Jumo, 'Facebook' untuk Amal

SAN FRANSISCO - Salah satu pendiri Facebook, Chris Hughes mengembangkan sebuah situs yang ditujukan untuk kepentingan amal. Situs yang diberi nama Jumo saat ini telah memasuki tahap beta dan akan segera diluncurkan.

Menurut LA Times, Rabu (30/11/2010), situs ini memungkinkan orang menemukan program-program amal yang penting bagi mereka dan memungkinkan mereka mengikuti program amal yang juga bisa dilihat oleh teman-teman.

Jumo, rencananya juga akan terhubung dengan situs jejaring sosial terbesar Facebook.

Setiap pengguna Jumo yang mengikuti program amal yang diadakan oleh sebuah organisasi akan diberikan 'aliran' berita, agar pengguna bisa terus mengetahui informasi dan juga memberikan informasi tentang apa yang terjadi sepanjang program amal tersebut. Diharapkan itu akan memungkinkan orang untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan organisasi-organisasi atau orang-orang yang mengadakan program amal untuk tujuan kemanusiaan.


Ketika pengguna pertama kali login ke Jumo dengan account Facebook, mereka akan mengikuti sebuah survei yang hasilnya  akan menunjukkan kemungkinan program amal yang cocok yang bisa diikuti.

Jumo akan terus memberikan update berita pengguna disebuah program amal termasuk update Twitter, video YouTube dan komentar dari teman-teman.

Di situs tersebut tercatat sekira 3.500 organisasi lengkap"dengan misi amal yang mereka miliki untuk menarik donasi dari para pengguna Jumo.

Untuk diketahui, Hughes merupakan orang yang membantu Mark Zuckerberg menciptakan Facebook ketika masih di Harvard University. Dia dijuluki "The Empath" saat mengembangkan situs jejaring sosial tersebut