gravatar

Gempa, Warga Padang Lari ke Bukit Tanpa Alas Kaki

PADANG – Gempa cukup kuat kembali mengguncang Kota Padang. Akibatnya, sejumlah warga dihantui kepanikan akan datangnya gelombang tsunami.

Pantauan Doplang News di Jalan Alai Timur, Jumat (3/11/2010), banyak warga padang yang lari tunggang langgang menuju bukit. Bahkan, ada beberapa warga yang lari membawa barang-barang dan tanpa menggunakan alas kaki.

“Kami sadar Kota Padang memang rentan, makanya kami lari ke bukit. Gempa tadi getarannya sangat terasa,” ujar seorang warga dengan terengah-engah, Jumat (3/12/2010).

Sementara itu, kawasan wisata di Pantai Padang dan Pantai Purus pun sudah sepi ditinggal warga. Mereka memilih meninggalkan pantai guna mengantisipasi terjadinya gelombang tsunami.

Saat ini, suasana lalu lintas di Kota Padang masih semrawut. Kepanikan warga menimbulkan tidak tertib lalu lintas. Akibatnya, jalan raya pun lumpuh dan saling membunyikan klakson. Mereka nampak menuju bukit yang jaraknya sekira 20 kilometer dari bibir pantai.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, gempa bumi yang melanda Kota Padang bertitik pusat di darat dengan kekuatan 4,2 SR pada pukul 10.11 WIB. Menurut informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa bertitik pusat di 0,92 derajat Lintang Selatan dan 100.41 derajat Bujur Timur.