gravatar

UC Browser, Alternatif Alat Peramban di Ponsel

CALIFORNIA - Mungkin tidak banyak orang yang mengenal UC Browser sebagai alat peramban untuk ponsel. Apalagi nama browser tersebut masih kalah bersaing dengan Opera Mini, besutan Opera Software.

Padahal browser yang dikembangkan oleh UC Mobile ini sudah berjalan di sejumlah platform terkemuka mulai dari Symbian, Android, Java, Windows Mobile, MTK, iPhone hingga Brew. Bahkan UC Mobile sudah kompatibel dengan 100 merek ponsel dan 2.000 modelnya.

UC Browser awalnya diluncurkan pada bulan April 2004 sebagai aplikasi Java saja tetapi telah melihat perubahan dramatis selama bertahun-tahun akhirnya mulai merambah platform lain. Perangkat lunak ini punya lebih dari 3 juta download dan lebih dari 100 juta pengguna pada bulan Mei 2010 saja.

Dilansir melalui Softpedia, Senin (29/11/2010), di UC Browser 7.4 menawarkan dukungan WAP 2.0, yang berarti bahwa browser mampu menampilkan elemen grafis yang lebih.

Selain itu Cursor Mode adalah fitur lain yang ditambahkan, bersama dengan Shortcut Me. Fitur Shortcut Me mungkin sudah tidak asing lagi bagi pengguna Opera Mini, karena menyerupai fitur "speed dial".

"Shortcut Me" akan menampilkan empat kotak di layar awal, ketika pertama kali browser terbuka, di mana pengguna dapat menambahkan situs favorit mereka.

UC Browser versi 7.4 hanya tersedia untuk Symbian, Windows Mobile dan platform Java. Sedangkan Android dan iPhone belum belum diperbarui.