gravatar

Tingkatkan Profesionalitas Guru

Friday, 26 November 2010
JAKARTA – Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh meminta profesionalitas guru terus ditingkatkan.Profesionalitas terkait erat dengan posisi strategis guru dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Mendiknas menyatakan, ada empat ranah profesionalisme guru yang harus ditingkatkan yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesi.“Empat ranah itu yang harus dinaikkan terus menerus,” kata M Nuh usai menjadi pembina upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Ke-16 di Kantor Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Jakarta, kemarin. Menurut mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini, profesionalitas tergantung dari kemampuan guru dalam menguasai bahan ajar. Mendiknas menyampaikan,guru dalam menjalankan profesinya juga harus mendapatkan perlindungan. Kerja dan dedikasi guru juga harus dihargai dengan meningkatkan kesejahteraannya.

“ Profesi, martabat, dan kesejahteraannya terjaga.Dengan tiga hal itu, ke depan guru diharapkan bisa memerankan tugas utamanya,”ujar dia Menteri kelahiran Surabaya ini mengungkapkan, ada tiga tugas utama bagi seorang guru yaitu mengajarkan ilmu,membentuk kepribadian dan karakter yang mulia,dan menanamkan rasa optimisme, cita-cita, dan pikiran positif.“ Kalau itu bisa dilakukan, Insya Allah sekolah akan menjadi kebun ilmu dan rumah pembentuk kemuliaan kepribadian.” Peringatan HGN, jelas Mendiknas, merupakan saat yang tepat untuk melakukan kontemplasi, perenungan, atau refleksi diri terhadap langkah panjang yang telah dilalui,terutama terkait dengan cita-cita awal yang mendorong lahirnya Hari Guru Nasional.

Sebuah cita-cita yang saat itu dikobarkan dengan semangat kesediaan diri setiap insan guru Indonesia memberikan lebih dari kewajibannya dan menerima kurang dari hak-haknya. Ketua II Dewan Pendidikan Jawa Timur Isa Anshori mengungkapkan, profesionalitas guru merupakan hal mutlak untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.Menurut dia,baik tidaknya pendidikan saat ini tergantung dengan kemampuan guru.“Semakin memiliki kompetensi, tentu akan semakin bagus. Selain pola ajar yang benar, juga akan menghasilkan output yang bagus pula,”kata dia kemarin. Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Sahudi mengungkapkan, tidak hanya profesional secara pedagogik, guru juga harus profesional individual seperti watak dan pergaulan di tengah masyarakat.

Menurut dia, tuntutan untuk profesional, akan diimbangi pemerintah dengan meningkatkan kesejahteraan guru.Salah satunya adalah dengan program sertifikasi. Sahudi menerangkan, program sertifikasi yang sangat ketat dan selektif merupakan salah satu jalan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan.