gravatar

Tentara-Polisi Saling Serang di Stadion

MAKASSAR – Laga kandang PSM Makassar melawan Persiwa Wamena diwarnai insiden memalukan. Oknum polisi dan oknum tentara terlibat saling serang saat pertandingan tengah berlangsung.

Akibat insiden itu, penonton yang berada di area sebelah selatan baik yang terbuka maupun tertutup terganggu dan panik.Tak hanya itu, penonton tribun terbuka dan tertutup yang berada di area selatan mendapat lemparan batu dari luar. Tak menerima kejadian itu penonton yang berada di dalam lapangan membalas lemparan. Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin yang menyaksikan pertandingan terpaksa turun tangan untuk menenangkan para penonton.“Mari kita semua mendukung PSM Makassar. Hidup PSM,” teriak Ilham dengan menggunakan pengeras suara milik panitia pertandingan. Ilham mengaku sangat menyesalkan kejadian tersebut.

Menurut Ilham, pemicu insiden itu hanya persoalan sepele, yakni tidak mau membeli tiket. Ilham, yang juga Ketua Umum PSM Makassar ini menjelaskan, bentrokan yang melibatkan oknum polisi dan tentara, semua sudah selesai dan tidak ada masalah lagi karena kedua belah pihak masingmasing bisa menenangkan diri. “Kalaupun sempat terjadi ada bentrokan, saya kira itu dinamika. Tapi sekali lagi,antara tentara dan polisi, itu tidak ada masalah,” papar Ilham. Dari pantuan SINDO, tercatat tiga anggota TNI terluka sementara di pihak polisi juga dikabarkan dua terluka. Insiden itu diduga dipicu kesalahpahaman di pos pemeriksaan di pintu utama.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) VII/Wirabuana Brigjen Subekti dan Kapolrestabes Makassar Kombes Muhammad Nur Samsul saling berkoordinasi di lokasi kejadian. Kasdam VII/Wirabuana Brigjen TNI Subekti, ditemui di lokasi kejadian,menyesalkan keributan yang menyebabkan jatuhnya korban luka.Apalagi melibatkan aparat keamanan yang sedang bertugas mengamankan pertandingan sepakbola.

Terpisah, Kapolrestabes Makassar Kombes Muhammad Nur Samsul yang ditemui di lokasi kejadian enggan berkomentar terkait insiden ini. ”Jangan dulu saya berkomentar,” ujarnya.Pertandingan sendiri dimenangkan PSM Makassar 2-1 (arif saleh/syamsu rizal/ muh syahrullah)